4 Juli 2024

News Lampung Terkini

Portal Berita Terkini

Mahasisiwa KKN Unila Olah Daun Singkong Jadi Tepung Bahan Makanan Ringan

News Lampung Terkini

Newslampungterkini.com – Universitas Lampung (Unila) Pada tahun 2024 menerjunkan Mahasiswanya untuk mengadakan kegiatan pengabdian Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Tulang Bawang, Salah satunya di Kampung Moris Jaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung.

Ketua Kelompok Mahasiswa KKN UNILA di Kampung Moris Jaya, Muhammad Abi Bukhori, menjelaskan bahwa program primer kelompoknya adalah Pengolahan Produk Olahan (PPO) dari bahan daun singkong, daun singkong diolah menjadi tepung selanjutnya bisa dibuat aneka makanan ringan. Menurutnya program ini mendapatkan sambutan antusias dari ibu-ibu Kampung Moris Jaya.

Baca Juga :  Pj Gubernur Tinjau Sejumlah Sekolah di Kabupaten Lampung Tengah

“Proses pembuatan tepung dari daun singkong dimulai dengan menyortir daun singkong konsumsi untuk mendapatkan kualitas terbaik, kemudian membersihkannya dan mengeringkannya menggunakan oven dengan suhu yang tepat. Setelah itu proses penghalusan daun singkong kering menjadi tepung,” kata Abi Bukhori, pada Kamis (8/2/2024),

Mahasiswa yang lain, Marlina Helena Naroba, jurusan Ilmu Komunikasi mengatakan, ada sejumlah kegiatan lain yang mereka lakukan selama kegiatan KKN di diantaranya, lomba mewarnai siswa SD, penyuluhan mitigasi bencana, penyuluhan efisiensi daya listrik untuk rumah tangga, penyuluhan literasi digital untuk anak SMAN 1 Banjar Agung, penyuluhan digitalisasi pembukuan untuk UMKM.

Baca Juga :  Pj Gubernur Harapkan Bussines Matching Produk Unggulan Perkebunan Jadi Daya Ungkit Pertumbuhan Ekonomi Lampung

Selain itu juga dilakukan pembuatan peta tata guna lahan untuk wilayah kampung, donor darah dan pelaksanaan program kerja kampung berupa jumat berkah dan pengajian rutin, kegiatan pertanian, posyandu, berobat gratis dan pembinaan hidup sehat.

Sementara itu Kepala Kampung Moris Jaya,  Deska Hery Syanda, mengungkapkan rasa senangnya atas kehadiran mahasiswa Unila yang KKN di kampungnya.

“Program kerja mahasiswa KKN sangat berguna bagi pemerintahan juga bagi masyarakat Kampung Moris Jaya, kami sampaikan terimakasih atas kehadiran dan kerjasamanya, semoga apa yang telah dilakukan menambah pengalaman dan motivasi untuk berkarya” kata Deska.

Baca Juga :  Pemprov Lampung Ikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah

Adapun mahasiswa Unila yang terlibat KKN di Kampung Moris Jaya adalah, Ketua muhammad Abi Bukhori (Teknik Elektro), anggota, Farhan Ibnu Hakim (Teknik Geofisika), Azyumara Gumanti (Arsitektur), Vania Marta Julieta (Teknologi Hasil Pertanian), Marlina Helena Naroba (Ilmu Komunikasi), Rivaldi Silva Julian (Teknik Sipil) dan Griselda Ladyonna Maharany (Akuntansi).

Laporan : Nafian Faiz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.