25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Menikmati Ibadah Puasa Ramadhan di Masjid Istiqlal Bandar Jaya

Newslampungterkini.com LAMPUNG TENGAH – Memasuki bulan suci Ramadhan, setiap menjelang Magrib, Masjid agung Istiqlal Bandar Jaya, Lampung Tengah ramai dikunjungi orang. Pengunjung mulai berdatangan sejak pukul 14.30 Wib.

Pengunjung terlihat berjalan-jalan mengelilingi pelataran masjid sambil menikmati keindahan masjid atau hanya sekedar duduk di aula menghabiskan waktu sambil menunggu waktu buka puasa.

Selain itu, dihalaman masjid yang berdiri megah di jalan lintas sumatera ini juga terdapat deretan pedagan jajanan pembuka puasa.

Penganan yang dijajakan di halaman masjid ini beraneka ragam, mulai dari, rendang, ayam bakar, Ikan dan segala macam takjil.

Dan yang paling menarik lagi ada minuman khas nusantara yang modern berbahan dasar cendol, beda dari biasanya minuman cendol ini tidak memakai santan namun di ganti dengan susu UHT yang rendah lemak ditambah dengan varian toping yang menarik disetiap menu kita beri nama yang menarik, diantaranya kejendol (keju n cendol), alpundol (Alpukat n cendol), andil (aktor n cendol), barbiedol (strawberry n cendol), Siqueendol (silverqueen n cendol), Si tondol (Tobleron cendol).

Minuman hits ini biasa di sebut dengan Randol (raja cendol) yang hanya ada di Lampung Tengah tepatnya di lingkungan masjid agung Istiqlal Bandar Jaya, pejual es Randol ini adalah sosok seorang anak muda warga setempat.

Sementara salah pengunjung, Martina (30) mengatakan, dirinya datang ke masjid agung Istiqlal Bandar Jaya untuk Ngabuburit atau menghabiskan waktu menjelang buka puasa.

Martina datang ke masjid tersebut bersama temannya sekitar pukul 15.30 Wib. Dia langsung menuju teras masjid yang berdiri megah tersebut.

Setelah menemukan tempat yang dirasa bersih dan nyaman, Martina langsung menjatuhkan diri sambil rebahan di lantai aula. “Enak, disini adem. Tenang, jadi bisa mikir,” celetuknya.

Selama bulan puasa, seperti tahun lalu, Martina memang kerap datang ke masjid agung Istiqlal Bandar Jaya dia datang sepulang kerja hingga tiba waktu buka puasa bersama.

Menjelang adzan shalat Ashar, tidak henti-hentinya diperdengarkan alunan ayat-ayat suci Al-Quran. Setelah terhenti beberapa saat karena shalat Ashar, alunan tersebut kembali berkumandang hingga Maghrib tiba.

Kesyahduan seperti inilah yang dicari Martina dan pengunjung lainnya. Saat adzan Maghrib berkumandang tanda buka puasa, pengunjung berbondong-bondong menuju masjid untuk menjalankan ibadah shalat Maghrib dan buka puasa bersama.

Usai shalat Maghrib, beberapa pengunjung nampak meninggalkan masjid. Namun, banyak juga yang tak beranjak untuk mengikuti shalat Tarawih bersama.

Sederet kegiatan juga telah disiapkan, seperti, Buka puasa bersama setiap hari sepanjang bulan Ramadhan di selasar masjid agung Istiqlal Bandar Jaya Shalat tarawih berjamaah, Pengajian untuk umum, dan Simaan menyambut malam Nuzulul Quran,

Selain itu juga ada Tausyiah dan renungan menyambut datangnya malam Lailatul Qadar. (M.Rum) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.