28 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Cegah Serangan Ulat Bulu, Bupati Loekman Berikan Bantuan Insektisida

Newslampungterkini.com LAMPUNG TENGAH – Puluhan hektare tanaman jagung milik masyarakat petani di Dusun Bumi Mertani kampung Negara Aji Tua, kecamatan Anak Tuha, diserang hama jenis ulat bulu sehingga menyebabkan kerugian mencapai Rp.6-8 juta Rupiah. (8/5/2019)

Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto di dampingi oleh kepala dinas pertanian Krisna Rajasa serta  langsung datang ke lokasi terjadinya serangan hama tersebut dan melakukan penyemprotan insektisida untuk mengantisipasi serangan hama ulat bulu tersebut.

Bupati Loekman mengetahui adanya  musibah yang melanda petani jagung di kecamatan anak tuha  dari warga masyarakat bahwa di daerah Anak Tuha ada  tanaman jagung yang terserang ulat, sehingga banyak Petani yang merasa merugi antara Rp 6-8juta/hektare.

Baca Juga :  Hari Santri 2024, Pj Gubernur Lampung Lepas Jalan Sehat Sarungan

Dan malam itu melalui grup What’sApps para pejabat Lampung Tengah bupati memerintahkan langsung Kepala Dinas Pertanian untuk mengatasi musibah ini.

Kemudian, Bupati Loekman langsung turun kelapangan untuk mengecek kebenarannya, karena  dirinya tidak mudah percaya begitu saja. Ditegaskan bupati lebih baik dirinya lelah badan dari pada lelah pikiranuntuk  itu dirinya turun langsung ke lapangan melihat kondisi yang sebenarnya.

Baca Juga :  Ratusan Peserta Ramaikan ‘Ikat Run Unila 2024’

“Setelah melihat di lapangan bersama para tenaga ahli pertanian akan melakukan rapat khusus untuk membahas bagaimana, langkah apa yang terbaik untuk mengantisipasi kondisi ini,” jelas bupati.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Lampung Tengah Krisna Rajasa mengatakan, telah memberikan bantuan insektisida untuk mengatasi serangan hama ulat tersebut.

Dijelaskan Krisna, dirinya bersama bupati baru saja melakukan  penyemprotan insektisida yang kontak langsung dan khusus digunakan  untuk menghadapi jenis ulat semacam ini.

“Setelah di semprot, petani juga harus melihat tiga hari kemudian, perkembangan ulat nya seperti apa, kalau ulatnya masih ada walaupun presentasinya kecil agar segera di semprot kembali,” Jelasnya.

Baca Juga :  Ribuan Peserta Ikuti Senam Sehat Bersama Eva-Deddy

Krisna menambahkan, Dinas Pertanian Lampung Tengah telah menyiapkan kebutuhan insektisida untuk mengatasi serangan ulat bulu ini.

“Dinas Pertanian Lampung Tengah telah menyiapkan kebutuhan insektisida dan telah kita drop ke lokasi ini untuk mengatasi serangan ulat bulu ini. Dan diharapkan  dengan begitu serangan ulat bulu ini dapat segera di atasi dan tidak berkembang di daerah lainnya,” Pungkas Krisna.
 

Laporan : DA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.