25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Satuan Tugas Kesehatan Tulang Bawang Dapat Pendidikan dan Pelatihan Dasar

Newslampungterkini.com TULANG BAWANG – Pembangunan Kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi Pembangunan Sumber Daya Manusia yang Produktif secara social dan ekonomis.

Dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut, pembangunan kesehatan dapat dilakukan dengan beberapa strategi diantaranya dengan meningkatkan pelayanan kesehatan yang merata, terjangkau, bermutu dan berkeadilan, serta berbasis bukti, dengan pengutamaan pada upaya promotif-preventif dengan tidak meninggalkan pelayanan kesehatan yang bersifat kuratif.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang dr Herry Novrizal M.Kes. MM. Dalam Agenda Pembangunan Nasional (Nawacita), pembangunan kesehatan itu sendiri termasuk kedalam poin nawacita 5 yang berbunyi, “Meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia”. Sedangkan dalam RPJMN III 2015-2019 arah pembangunan kesehatan dari kuratif bergerak ke arah promotif dan preventif dengan visi masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan.

Luas daerah Kabupaten Tulang Bawang saat ini adalah 3,466.32 Km2 atau 10, 01% dari luas Provinsi Lampung secara keseluruhan dan merupakan Kabupaten terluas keempat setelah Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Way kanan dan Lampung Tengah.

“Oleh karena itu di Kabupaten Tulang Bawang telah dikembangkan sebuah program terobosan dalam bentuk pelayanan kesehatan dari rumah ke rumah (door to door) yang dilkakukan oleh Satuan Tugas (SATGAS) Kesehatan Keliling.”paparnya.

Dalam amanat Upacara Penutupan bahwa SATGAS Kesehatan Keliling dr Herry Novrizal Juga mengatakan, ini merupakan salah satu ujung tombak Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang dalam melaksanakan mandat Rapat Kerja Kesehatan Nasional (RAKERKESNAS) yaitu Sinergisme Pusat dan Daerah dalam Mewujudkan Universal Health Coverage melalui Percepatan Eliminasi Tuberculosis, Penurunan Stunting, dan Peningkatan Cakupan serta Mutu Imunisasi.

Ditambahkan kepala Dinas Kesehatan Tulang Bawang, Untuk memantapkan pelayanan dasar tersebut dan sejalan dengan filosofi BMW (Bergerak Melayani Warga) maka Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang menyelenggarakan Pelatihan dan Pendidikan Dasar (DIKLATSAR) Satuan Tugas (SATGAS) Kesehatan Keliling pada tanggal 30 April 2018 sampai dengan 04 Mei 2018 yang lalu bertempat dan bekerjasama dengan KODIM 0426/Tulang Bawang.

“Dengan kegiatan ini kami berharap dapat terwujud pelayanan dasar kesehatan yang dinamis, dekat dengan warga, disiplin dan berintergritas.” Pungkas dr. Herry. (Bg)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.