25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Sampaikan LKPJ dalam Paripurna DPRD Tubaba, Realisasi Pendapatan TA 2022 Sebesar 95,45 Persen

Newslampungterkini.com – Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati  Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, Tahun Anggaran 2022, disampaikan Pj.Bupati Dr. Zaidirina dalam Rapat Paripurna DPRD Tubaba, Senin (27/3/2023).

Selain Rapat Paripurna LKPJ Bupati, DPRD Tubaba juga menyelenggarakan paripurna Internal Perubahan Alat Kelengkapan yang dipimpin langsung Ketua DPRD Tuba Barat, Ponco Nugroho, ST, Wakil Ketua I Busroni SH dan Wakil Ketua II Joko Kuncoro, S.I.Kom.

Dalam rapat paripurna tersebut, Pj Bupati Tubaba Dr.Zaidirina menyampaikan bahwa penyampaian, LKPJ Tahun Anggaran 2022 dilaksanakan dalam memenuhi kewajiban konstitusi.

“Sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah yang mewajibkan kepada seluruh kepala daerah untuk menyusun LKPJ selama satu tahun anggaran,” kata Pj.Bupati Tubaba dalam pidatonya.

Dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi pemerintah daerah, dikatakan Zaidirina, mengacu pada indikator kinerja makro yang didukung oleh seluruh Perangkat Daerah.

“Tulang Bawang Barat memiliki pertumbuhan ekonomi sebesar 4,49% pada tahun 2022 dari target kita sebesar 4% atau terealisasi 112%, dan ini juga meningkat tajam jika dibandingkan dengan tahun 2021 yang mencapai 2,89%. Hal ini disebabkan resesi ekonomi sebagai dampak dari pandemi Covid-19 sudah mulai pulih,” kata Zaidirina.

Selain itu pendapatan perkapita juga mengalami peningkatan dari tahun 2021 sebesar 41,57 juta Rupiah di tahun 2022 menjadi 45,69 juta rupiah, sedangkan untuk infrastruktur, kondisi jalan mantap sebesar 66,76% dari sebelumnya 63,8.%.

“Pada program penyediaan dan pemeliharaan infrastruktur di tahun 2022, terdapat Program Pengelolaan Sumber Daya Air, untuk perbaikan irigasi, Program Pengembangan Pemukiman, sebagai pendukung program TMMD dalam pengembangan wilayah, Program penyelenggaraan jalan, dengan peningkatan jalan sepanjang 23.305 km dan pemeliharaan rutin jalan sepanjang 105,15 km, serta Program Pengelolaan dan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum tersebar di 11 desa,” kata Pj Bupati Tubaba.

Lanjutnya, Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Tulang Bawang Barat masih dibawah angka IPM Provinsi Lampung maupun Nasional dengan nilai 67.13 di Tahun 2022.

“Tetapi angka tersebut selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Demikian pula komponen pendukung IPM selalu mengalami kenaikan, di tahun 2022, Angka Harapan Hidup senilai 70,23 tahun, Rata-Rata Lama Sekolah 7,72 tahun, Harapan Lama Sekolah 12,09 tahun dan Pengeluaran Perkapita pertahun 8,737 juta,” kata kata Bupati Tubaba.

Sementara itu, angka kemiskinan mengalami penurunan menjadi 7,44 % dari tahun 2021 sebesar 8,32% dan gini ratio (ketimpangan pengeluaran) masih lebih baik dibandingkan provinsi maupun nasional di angka 0,261.

Lanjutnya, untuk mendukung program penanganan Prevalensi Stunting, pada Program Pengelolaan dan Pembangunan SPAM terbangun 1.086 SR.

“Stunting Tubaba tahun 2021 sebesar 22,1 % menurun menjadi 16,4 di tahun 2022. Dalam penurunan stunting ini perlu kerja keras kita semua, terutama dalam pengaktifan posyandu dan PKK dalam penanganan sejak dini,” ungkapnya.

Dalam bidang pendidikan, pembangunan yang berasal dari DAK Fisik SD dan SMP meliputi pekerjaan, Pembangunan dan Rehabilitasi ruang guru, Rehabilitasi ruang kelas Pembangunan dan rehabilitasi ruang perpustakaan, Pembangunan dan rehabilitasi toilet (jamban), Pembangunan ruang UKS, Pembangunan dan rehabilitasi ruang laboratorium computer dan IPA, pengadaan Media Pendidikan SD, pengadaan peralatan TIK dan laboraturium IPA dan penunjang SD.

“Pemerintah Tubaba juga terus mengembangkan pendidikan dengan program program unggulan seperti, Tubaba Cerdas, Guru penggerak, dan Tubaba Camp,” kata Zaidirina.

Sedangkan pada bidang hukum dan pemerintahan, penyediaan dan pemeliharaan infrastruktur, diakui Dr. Zaidirina bahwa pembangunan gedung perkantoran di tahun 2022 meliputi pembangunan Kantor Camat TBU, Kantor Perpustakaan Daerah, Mall Pelayanan Publik (MPP) tahap I, Masjid Polres Tubaba dan Perumahan Kajari Tubaba.

Lanjutnya, pemanfaatan teknologi informasi, penilaian SPBE mencapai 1,97 menjadi 2,07 di tahun 2022 dengan predikat cukup, Smart Village, Tiyuh cerdas berbasis digital sudah mencapai 100 tiyuh.

Dalam bidang pemerintahan, Capaian Nilai Sakip 2022 adalah B, Capaian Nilai RB adalah CC, Capaian SPIP di Level 3, Opini BPK  mencapai 11 Kali dan penilaian MCP KPK tahun 2022 sudah mencapai 92% dan Pembangunan Mall Pelayanan Publik diharapkan tahun ini sudah dapat direalisasikan.

“Terkait program Lingkungan, Penanganan sampah masih menjadi prioritas, dengan membangun, 1 (satu) TPS-3r Guna dan Anorganik untuk Pemenuhan Infrastruktur Pemanfaatan Sampah Organik, Pembangunan 252 Unit Sanitasi Masyarakat yang layak, Guna Terpenuhinya Pelayanan Kepada Masyarakat dan Menunjang Program Pencegahan dan Penurunan Stunting di Kabupaten,” jelasnya.

Dalam Kebijakan Mitigasi dan Penanggulangan Bencana yaitu dengan Pembentukan Desa Tangguh Bencana sebagai upaya mitigasi bencana khususnya bencana banjir.

Selanjutnya, secara umum komponen Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2022 meliputi Pendapatan Daerah, Belanja Daerah dan Pembiayaan Daerah.

“Saya sampaikan bahwa Realisasi Pendapatan tahun 2022 sebesar Rp. 867,42, milyar atau sebesar 95,45% dari target yang ditetapkan, Realisasi Belanja Daerah sebesar Rp. 839,85 milyar atau sebesar 94,58% dari target yang ditetapkan. Realisasi Penerimaan Pembiayaan Daerah sebesar Rp. 10,06 milyar atau sebesar 49,72% dan realisasi Pengeluaran Pembiayaan sebesar 37,588 milyar atau 91,78 % dari target yang ditetapkan, angka tersebut sebelum Unaudited BPK,” pungkasnya.

Selain PJ. Bupati Tulang Bawang Barat Dr. Zaidirina, SE.,M.Si, dan pimpinan DPRD Tubaba serta 24 Anggota, paripurna DPRD Tubaba turut dihadiri Dandim 0412/LU diwakili Oleh Danramil 412-01/TBT Kapten Inf Jauhari, Kapolres Tuba Barat AKBP Ndaru Istimawan.S.I.K Kajari Tubaba, di wakili oleh Kasi Intel Dodi Ariansyah, SH,MH, Sekdakab Tubaba Ir.Novriwan Jaya.SP, Kepala Pengadilan Agama FITRI.S.HI.M.H, serta para pejabat eselon camat dan Kepala tiyuh se Tubaba.

Laporan : Dedi Priyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.