23 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Ketua DPRD Lampung: Kearifan Lokal Seni Budaya Mampu Dorong Semangat Cinta Tanah Air

Newslampungterkini.com – Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay SH MH menghadiri pagelaran wayang kulit dengan cerita Semar Boyong  yang dilaksanakan di halaman kantor BPKP Provinsi Lampung, Jumat (19/8/22) malam.

Mingrum Gumay mengapresiasi wayang kulit yang dimainkan oleh dalang Ki Teguh Surono asal Sukoharjo kabupaten Pringsewu tersebut memberikan pesan bahwa hingga hari ini ditengah perubahan dunia yang begitu masif, kebudayaan wayang Indonesia masih terjaga dan terawat dengan baik.

Baca Juga :  Cawagub dr Jihan Nurlela Jadi Pembina Upacara Hari Santri Nasional 2024 di Jatiagung

“Penghilangan seni wayang dalam sejarah peradaban bangsa ini sama artinya dengan menghilangkan keluhuran peradaban bangsa warisan dari para leluhur bangsa,” ujar Mingrum.

Mingrum juga mengungkapkan, kearifan lokal yang terkandung dalam seni budaya seyogyanya mampu mendorong semangat gotong royong dan kecintaan terhadap tanah air melalui pertunjukan seni wayang kulit.

Baca Juga :  Pj Gubernur Hadiri Pelantikan Pimpinan DPRD Lampung Masa Jabatan 2024-2029

“Bisa kita sisipi melalui wayang kulit bagaimana perjuangan bangsa Indonesia ini bisa merdeka, serta memperkuat penerapan Pancasila dalam bermasyarakat dan bernegara,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.