25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Mahasiswa KKN Unila Sosialisasi Pembuatan Pestisida Nabati

Newslampungterkini.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Lampung (Unila) sosialisasikan cara membuat pestisida nabati kepada masyarakat Desa Labuhan Ratu VIII, Kecamatan Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur. Kegiatan berlangsung di Balai Desa Labuhan Ratu VIII, Sabtu, 5 Februari 2022.

Sosialisasi memaparkan materi seputar tata cara membuat pestisida nabati berbahan dasar daun pepaya.

Daun pepaya yang mudah ditemukan masyarakat pedesaan dapat menjadi bahan utama pembuatan pestisida setelah dicampur sedikit minyak tanah dan bubuk detergen, lalu direndam semalaman.

Baca Juga :  DWP Universitas Jambi Studi Tiru ke DWP Unila

Manfaat pestisida nabati yang dibuat dengan bahan dasar daun pepaya tersebut tidak kalah dengan pestisida berbahan kimia yang dibuat pabrik. Efektivitas pestisida nabati dari daun pepaya sebagai pengusir hama semut dan kutu daun pada tanaman dapat mencapai hingga 70-80%.

Pestisida nabati daun pepaya tersebut cocok digunakan untuk merawat tanaman sayuran atau tanaman hias, dikarenakan bahan alami yang digunakan dalam pestisida nabati tersebut akan membuat tanaman sayuran lebih aman untuk dikonsumsi manusia, serta menjaga tanaman hias dari kontaminasi bahan-bahan kimia berbahaya.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Pada sosialisasi pembuatan pestisida nabati tersebut juga dilakukan demonstrasi langsung tentang cara pembuatan pestisida nabati berbahan dasar daun pepaya. Masyarakat yang hadir mengapresiasi materi yang disampaikan.

Menurut mereka, kegiatan sosialisasi pembuatan pestisida nabati sangat bermanfaat terutama bagi masyarakat Desa Labuhan Ratu VIII yang mayoritas bekerja sebagai petani.

Selain itu, masyarakat yang memiliki tanaman hias di halaman rumah mereka juga merasa tertarik untuk mencoba membuat sendiri pestisida nabati dari daun pepaya tersebut di rumah.

Baca Juga :  Rektor Unila Terima Audiensi Perwakilan Ikatan Keluarga Alumni Universitas Padjajaran

Masyarakat Desa Labuhan Ratu VIII cukup antusias dengan kegiatan sosialisasi pembuatan pestisida nabati yang diselenggarakan mahasiswa KKN Unila.

Antusiasme tersebut tampak dari jumlah masyarakat yang hadir dan banyaknya pertanyaan yang diajukan pada sesi diskusi.

Diharapkan kegiatan sosialisasi memberi manfaat bagi masyarakat Desa Labuhan Ratu VIII sehingga mampu membuat pestisida dari bahan alami daun pepaya yang lebih hemat, ramah lingkungan, serta aman bagi tanaman dan manusia. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.