25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Orangutan Sumatera Hasil Penahanan di Bakauheni Dipindahkan ke Jambi

Newslampungterkini.com – Karantina Pertanian Lampung turut mengawal pemindahan dua ekor orangutan Sumatera (Pongo abelli) dari Lampung ke Jambi.

Satwa langka yang dikawal ini merupakan hasil penahanan di Pelabuhan Bakauheni oleh tim gabungan pada 26 April lalu.

Serah terima satwa dilindungin oleh Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Bengkulu ke BKSDA Jambi ini selain dihadiri oleh Karantina Pertanian Lampung juga disaksikan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Tak ketinggalan Kepala Balai Taman Nasional Bukit Tigapuluh, Polres Lampung Selatan, Frankfurt Zoogical Society (FZS), dan Jakarta Animal Aid Network (JAAN), Kamis (20/05/21).

Penyerahan orangutan berjenis kelamin jantan dan betina ini bertujuan untuk proses perawatan dan rehabilitasi di sekolah orangutan yang berlokasi di Jambi. Rehabilitasi dilakukan sampai beberapa tahun mendatang dan selanjutnya dikembalikan ke habitat aslinya.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Pongo abelli adalah spesies Orangutan terlangka, bahkan Badan Konservasi Dunia The International Union for Conservation of Nature (IUCN) memasukan satwa ini dalam status kritis.

Sedangkan CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora) memasukan satwa ini dalam apendix 1.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

“Dalam upaya kelestarian keanekaragaman hayati, Karantina Pertanian Lampung terus berupaya memperkuat pengawasan terhadap berbagai upaya penyelundupan satwa. Diantaranya melalui pengetatan disetiap pintu pemasukan maupun pengeluaran,” tegas Karman, Subkoordinator Substansi Pengawasan dan Penindakan, Karantina Pertanian Lampung.

(bbg/kpl)

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.