25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Pemkot Bandar Lampung Bersama BPKN-RI Bahas Program Pelayanan Terhadap Penyandang Disabilitas

Newslampungterkini.com – Pemerintah Kota Bandar Lampung yang dipimpin Plh. Sekretaris Daerah Tole Dailami melakukan diskusi bersama Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia (BPKN-RI).

Dalam diskusi yang dilaksanakan diruang rapat Walikota Bandar Lampung, Jum’at (21/5/2021) membahas tentang program pelayanan pemerintah terhadap penyandang disabilitas pada sektor transportasi dan perdagangan melalui sistem elektronik (E-Commerce).

Hadir dalam acara, Dr. Anna Maria Tri Anggraini, Wakil Ketua Komisi Penelitian dan Pengembangan BPKN RI, Dr. Firman Turmantara Endiprajan wakil Ketua Komisi Edukasi dan Komunikasi BPKN RI. Mariolegi Putra Gunawan, Kepala Bagian Komisi Penelitian dan Pengembangan BPKN RI, Fitri Nur Aisyah, dan Sekretariat Komisi Penelitian dan Pengembangan BPKN RI.

Turut serta dalam acara tersebut kepala Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung dan Kepala Dinas Kominfo  Kota Bandar Lampung.

Menurutnya, BPKN RI dalam hal ini mendorong baik pemerintah pusat dan daerah untuk pelaksanaan aksesibilitas ataupun akses untuk kaum disabilitas.

Untuk kota Bandar Lampung sudah  menyediakan dan mengusahakan fasilitas di bidang transportasi. untuk e-comer masih perlu koordinasi dengan pemerintah pusat.

Untuk itu perlunya sinergitas atau kerjasama antara pemerintah pusat dan  daerah , baik daerah tingkat I ataupun provinsi maupun daerah tingkat II kota bandar Lampung.

Sementara itu, moderator Acara sekaligus mewakili dari Pemkot Bandar Lampung, Khaidarmansyah menjelaskan bahwa pihaknya untuk transportasi telah menyediakan beberapa fasilitas khususnya untuk kaum disabilitas.

“Untuk itu sudah disiapkan 35 halte yang mengakomodir untuk penyandang disabilitas,” paparnya.

Menurutnya, Dinas Perhubungan (Dishub) sebagai pihak yang berwenang juga sudah menyiapkan tangga khusus bagi penyandang disabilitas.

Sementara itu, Pemkot Bandar Lampung melalui Kepala Dinas Kominfo Bandar Lampung Ahmad Nuriski Erwandi mengatakan bahwa Kota Bandar Lampung terkait E-Commerce sudah membangun beberapa titik hotspot dalam rangka memberikan kenyamanan masyarakat khususnya penyandang disabilitas.

Guna menunjang program tersebut, Ahmad Nuriski Erwandi akan berusaha memperluas jaringan internet gratis diarea publik.

“Dari program ini diharapkan para penyandang disabilitas bisa mendapatkan keadilan serta dimudahkan dalam melakukan aktifitas,” pungkasnya.

(sen)

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.