24 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Pemerintah Diminta Lebih Memperhatikan Digitalisasi Pemasaran UMKM

Newslampungterkini.com, Lampung Tengah – Penerapan digitalisasi pemasaran dalam sektor UMKM penting untuk didorong dalam rangka meningkatkan pemasaran produk. Namun penerapan ini masih bersifat sektoral sehingga belum dapat diakses secara merata di berbagai wilayah.

Anggota Komisi XI DPR RI Junaidi Auly meminta kepada pemerintah untuk lebih memperhatikan pemerataan digitalisasi pemasaran UMKM di beberapa sektor termasuk pada sektor hasil pertanian dan perikanan.

“UMKM di sektor pertanian dan perikanan penting untuk diperhatikan khususnya terkait platform pemasaran. UMKM di sektor ini penting untuk lebih dipermudah dalam memasarkan produk. Bahkan di beberapa daerah, ketimpangan ini masih terasa, apalagi jika melihat pemerataannya,” jelas Junaidi dalam agenda Sosialisasi Pemberdayaan UMKM dalam rangka Peningkatan Daya Saing dengan Bank Indonesia (BI) di Bandar Jaya, Lampung Tengah. Senin (9/3/2020)

Baca Juga :  Pj Gubernur Samsudin Pimpin Rapat Umum Pemegang Saham Bank Lampung

Legislator dari dapil Lampung II ini melanjutkan, UMKM kini harus terus didorong untuk go digital agar dapat mengembangkan usahanya lebih luas. Namun pendampingan dalam bimbingan teknik penting untuk terus dijalankan dalam rangka meningkatkan daya saing.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM RI, hingga tahun 2018, Indonesia memiliki sekitar 64 juta pelaku UMKM. Dari jumlah tersebut, baru sekitar 20 persen, sekitar 12 juta yang melek digital.

Menurut Junaidi, selain digitalisasi pemasaran ada hal yang penting dilakukan pemerintah yaitu menyusun pemetaan UMKM dalam rangka menyelaraskan antara kebutuhan dan ketersediaan produk di setiap daerah.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

“Kedepan pemerintah penting untuk membuat pemetaan terkait UMKM antar daerah. Pemetaan di setiap daerah bisa dilihat dari jenis usahanya sampai dengan estimasi kapan waktu panen. Dengan pemetaan ini diharapakan kebutuhan daerah bisa ditutupi oleh produk-produk UMKM,” tutup Junaidi.

(Bbg/Hf)

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.