27 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Empat Anggota Polres Tuba, Sambangi Kantor Dinas Sosial Terkait Kasus Dana PKH

Newslampungterkini.com TULANG BAWANG BARAT – Empat orang anggota Polres Tulang Bawang (Tuba), mendatangi kantor Dinas Sosial Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, guna melakukan penyelidikan terkait dugaan kasus penyimpangan penyaluran dana bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

Pantauan media Newslampungterkini.com, pada Senin (18/2/2019) sekitar pukul 14.00 Wib Keempat petugas itu, memasuki ruang kepala Dinas Sosial M. Rasidi SH yang pada saat itu tengah berada didalam ruangannya bersama Khoirul selaku koordinator PKH Kabupaten Tubaba.

Sebelum keempat petugas tersebut memasuki ruangan Kadis Sosial, media Newslampungterkini.com sempat mewawancarai Koordinator PKH Tubaba Khoirul dan M. Rosidi diruang kerja Kadis Sosial.

Baca Juga :  Hari Santri 2024, Pj Gubernur Lampung Lepas Jalan Sehat Sarungan

Menurut Khoirul, dirinya baru mengetahui bahwa adanya kasus pemotongan dana PKH di Tubaba pada Senin (18/2/2019). “Saya baru hari ini tahu adanya dugaan kasus seperti ini,” terang Khoirul

Ia menjelaskan bahwa, kasus tersebut perlu dilakukan investasi, “Saya menanggapinya bahwa perlu ada investasi, yang dimaksud dengan pemotongan itu seperti apa, dan itu sedang diproses dimana letaknya. Kalau yang kemarin di Panaragan, itu. sebenarnya salah sebut, sebab dana yang ditransfer dari pusat itu sebenarnya Rp 1.650.000, dan itu sudah di clear-kan sama teman-teman, ketua kelompoknya dan sudah tidak adalagi masalah, dan nanti ada berita acaranya,” ungkap Koordinator PKH Tubaba.

Lanjut Khoirul, masyarakat penerima manfaat bantuan PKH sebanyak kurang lebih 13.600 KK yang tersebar di Kabupaten Tubaba dengan besaran uang yang berpariasi sesuai ketentuan.

Baca Juga :  Pemerintah Provinsi Lampung Revitalisasi Stadion Pahoman

“Kalau untuk mengetahui uang bantuan sudah masuk atau belumnya di rekening penerima, itu yang menjadi kendala. Biasanya kami dilaporkan SP2D, Karena cara yang paling enak sebenarnya itu cek gitu,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Sosial Tubaba M.Rasidi, SH mengatakan bahwa pihaknya mendukung penuh langkah pihak Kepolisian untuk menyelidiki kasus pemotongan dana PKH di Tubaba.

“Saya sudah perintahkan Koordinator PKH Kecamatan dan Kabupaten untuk menyelidiki kasus tersebut, jika benar terjadi, kami akan merekomendasikan melalui dinas sosial provinsi untuk memberhentikan yang bersangkutan,” Kata Kepala Dinas Sosial saat diwawancarai media Newslampungterkini.com diruang kerjanya.

Lanjut Rasidi, Dinas Sosial Tubaba hanya sebagai tim monitoring penyaluran dana PKH kepada penerima, “Jika ada penyimpangan atau pemotongan dana yang dilakukan oleh pendamping atau pelaksan PKH dilapangan, akan kita rekomendasikan ke pusat untuk dilakukan penggantian, dan memang itu prosedurnya,” terang Rasidi.

Baca Juga :  Ratusan Peserta Ramaikan ‘Ikat Run Unila 2024’

Ia juga menegaskan bahwa Dinas Sosial Tubaba tidak terlibat dalam proses penyaluran dana tersebut, “tugas kami hanya memonitoring pelaksanaan dilapangan, dan saya menjamin pegawai Dinas Sosial tidak ada yang terlibat, jika pun ada akan kita serahkan ke Inspektorat untuk dilakukan pemeriksaan sesuai prosedur hukum,” Imbuhnya.

Hingga berita ini di lansir, sejumlah anggota dari Mapolres Tulang Bawang yang datang di kantor Dinas Sosial Tubaba belum dapat memberikan keterangan penyelidikan atas dugaan kasus penyimpangan dana PKH di Tubaba, sebab baru memulai langkah penyelidikannya.

 

Laporan : Dedi Priyono 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.