26 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Lindungi Perempuan dan Anak, Pemprov Lampung Bentuk Satgas PPPA

Newslampungterkini.com LAMPUNG – Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) membentuk Satuan Tugas Penanganan Masalah Perempuan dan Anak (Satgas PPPA) di 15 kabupaten/kota se Provinsi Lampung.

Pengukuhan 40 orang Satgas PPA dari seluruh elemen masyarakat se Provinsi Lampung tersebut oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Lampung Dewi Budi Utami, Rabu (29/8/2018) di Hotel Grand Anugerah Bandar Lampung.

Dikatakan Kepala Dinas PPPA, Satgas untuk melindungi secara preventif, kuratif maupun rehabilitatif yang dibentuk oleh Kementerian PPPA. Satgas untuk membantu tugas pemerintah, menjangkau kasus-kasus kekerasan pada perempuan dan anak di daerah.

Baca Juga :  Pj Gubernur Hadiri Ramah Tamah dengan Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan Acara Syukuran Ketua DPRD Lampung Ahmad Giri Akbar

“Dalam melaksanakan tugasnya satgas juga akan melibatkan sejumlah terkait seperti aparat kepolisian, jaksa, pekerja sosial,” ujar Dewi Budi Utami.

Lebih lanjut disampaikan, Satgas penanganan masalah perempuan dan anak memiliki sejumlah fungsi. Di antaranya melakukan penjangkauan dan identifikasi terhadap perempuan dan anak yang mengalami permasalahan, melindungi, menempatkan dan mengungsikan, juga melakukan rujukan atau rekomendasi kepada pihak-pihak terkait.

Baca Juga :  Pemerintah Provinsi Lampung Revitalisasi Stadion Pahoman

“Satgas hadir untuk membantu kinerja P2TP2A dan Dinas PPPA dalam menjangkau dan mengidentifikasi perempuan dan anak korban kekerasan, khususnya untuk didaerah,” ungkap Dewi.

Baca Juga : KPK Rakor dengan Bank Lampung, Apa yang Dibahas??

Melalui pelatihan ini, Dewi berharap agar seluruh anggota satgas dapat bekerja secara aktif di masyarakat bersama pemerintah juga untuk memberikan penanganan dan perlindungan perempuan dan anak.

Baca Juga :  Lampung Resmi Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Namun demikian, meski telah membentuk satgas pada tingkat kabupaten/kota, Dewi mendorong pemerintah daerah untuk membentuk satgas PPPA hingga ditingkat desa.

“Sehingga jika nanti ada Satgas hingga di desa, upaya preventif dan penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak akan lebih cepat ditangani,” ungkapnya.

Pelatihan Satgas yang berlangsung dari tanggal 27-29 Agustus 2018 tersebut juga menghadirkan beberapa narasumber diantaranya dari Kementerian PPPA dan dari Polda Lampung. (Edt/BU)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.