27 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Bupati dan Wakil Bupati Tubaba Identifikasi Potensi Ekowisata di Wilayah Utara Kabupaten

Newslampungterkini.com TULANG BAWANG BARAT – Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Provinsi Lampung, terus berupaya menggali segala potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki oleh daerah yang berslogan Ragem Sai Mangi Wawai, yang dalam arti Kebersamaan untuk Keberhasilan.

Pantauan media Newslampungterkini.com, Pemerintah daerah Tubaba akan kembali melakukan pengembangan disektor pariwisata yang merupakan salah satu andalan bentuk kemajuan pembangunan daerah, hal tersebut dapat dilihat dari capaian sejumlah pembangunan dan program-program yang sedang dan akan terus dilakukan.

Dikatakan Asisten II bidang pengembangan ekonomi, Syakib Arsalan kepada media Newslampungterkini.com pada Senin (6/8/2018) usai berkunjung bersamaan Bupati Tubaba Umar Ahmad, dan Wakil Bupati Fauzi Hasan, bahwa pemerintah darah akan merancang kawasan embung di Tiyuh Gunung Sari Kecamatan Lambu Kibang sebagi kawasan Ekowisata atau kawasan wisata berwawasan lingkungan.

Baca Juga :  Ratusan Peserta Ramaikan ‘Ikat Run Unila 2024’

“Pak Bupati, Wakil Bupati, Kadis PUPR dan sejumlah pejabat daerah dan aparatur Tiyuh serta Kecamatan tadi telah mengidentifikasi potensi Ekowisata di embung yang ada di Tiyuh Gunung Sari Lambu Kibang. Pak Bupati dan Wakil memiliki konsep pembangunan ekowisata yang dapat memanfaatkan embung atau waduk menjadi sebuah tempat wisata baru.” Kata Syakib melalui telepon selulernya.

Lanjutnya, Konsep pengembangan Ekowisata yang akan diwujudkan Pemerintah Daerah sebagi pilot projek yang akan dipusatkan di wilayah Kecamatan Lambu Kibang Kabupaten setempat.

“Intinya Bupati ingin menciptakan Ekowisata dengan berbagai pemanfaatan lingkungan alam sekitar. Kalau luas lahan yang ada tadi, kurang lebih sekitar 10 hektar, tapi nanti akan disesuaikan dengan kondisi alamnya. Insyaallah pada anggaran perubahan ini akan dianggarkan untuk desain pembangunannya, mudah-mudahan tahun 2019 sudah mulai bergerak,” terang Asisten II.

Baca Juga :  Hari Santri 2024, Pj Gubernur Lampung Lepas Jalan Sehat Sarungan

Hal senada juga diungkapkan oleh Baharudin kepala bidang Bina Marga pada Dinas PUPR Tubaba, bahwa kunjungan Bupati dan Wakil Bupati Tubaba serta rombongan untuk mengidentifikasi kawasan yang memiliki potensi wisata, untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata baru.

“Pak Bupati ingin wilayah utara Tubaba memiliki kawasan wisata, untuk sementara hanya mengidentifikasi atas keinginan masyarakat, nanti akan masuk ke tahap perencanaan yang akan dilakukan oleh Bappeda dan membuat masterplan kawasan wisata, sehingga nantinya akan di integrasikan dengan kawasan yang berpotensi untuk dikembangkan,” Kata Baharudin.

Baca Juga :  Pj Gubernur Hadiri Ramah Tamah dengan Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan Acara Syukuran Ketua DPRD Lampung Ahmad Giri Akbar

Lebih lanjut Baharuddin menjelaskan bahwa atas kunjungan tersebut, pemerintah daerah akan merancang kawasan Ekowisata diwilayah utara Kabupaten Tubaba dengan bentuk masterplan terlebih dahulu.

“Gambaran dari pak Bupati Tubaba nanti akan dibuat masterplan dulu, sebab Kecamatan Lambu Kibang lebih berkembang dan memanfaatkan karena ada pintu Tol yang sedang dibangun agar wilayah utara Tubaba dapat terus maju,” terangnya.

Lanjutnya, secara bertahap seluruh kecamatan yang terdapat di wilayah utara Tubaba akan dikembangkan, sebab melihat kemajuan daerah dan pembangunan jalan tol yang sedang dibangun melintas di Tubaba, sehingga pada tahun 2019 mendatang program pembangunan kawasan wisata akan mulai digerakkan. (DP)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.