26 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Inspektorat Mulai Periksa Aliran Dana Bansos dari BPKAD Ke PC-NU Tubaba

Newslampungterkini.com TULANG BAWANG BARAT – Dugaan penyalahgunaan dana Bantuan Sosial (Bansos) pemkab Tulang Bawang Barat (Tubaba) Provinsi Lampung, oleh Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PC-NU) sejak tahun 2009 hingga 2018, saat ini Inspektorat Tubaba sedang mengumpulkan data aliran dana Bansos dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

‎Hal tersebut dikatakan Irawan Inspektur Pembantu Satu (Irban I) bahwa, sejak Jum’at  20 Juli 2018, pihaknya telah mulai melakukan pemanggilan terhadap BPKAD untuk menyerahkan seluruh data Bansos PC-NU yang diberikan Pemkab Tubaba melalui Satker terkait.

Baca Juga :  Pj Gubernur Hadiri Ramah Tamah dengan Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan Acara Syukuran Ketua DPRD Lampung Ahmad Giri Akbar

“Sejak hari Jum’at lalu hingga hari ini Senin (23/7/2018), kami sudah koordinasi untuk meminta data Bansosnya, dan BPKAD baru menyerahkan dua berkas Bansos PC-NU tahun 2015 dan 2018, sementara data Bansos lainnya masih kita tunggu sebab, menurut pihak BPKAD data tersebut telah tersimpan dalam gudang,” Kata Irawan kepada media Newslampungterkini.com pada Senin (23/7/2018)

Baca Juga :  Lampung Resmi Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Lanjutnya, setelah pemeriksaan seluruh data yang diberikan oleh BPKAD dan ditemukan adanya dugaan penyimpangan atas aliran dana Bansos tersebut, merupakan kewenangan pihak penegak hukum.

“Bedasarkan MoU dari tiga lembaga pendidikan hukum, Inspektorat tidak dapat melakukan pemeriksaan terhadap Ormas atau non pemerintah , artinya jika ditemukan adanya dugaan penyimpangan penggunaan dana Bansos oleh Ketua PC-NU Tubaba, itu kewajiban pihak penegak hukum untuk penyelidikannya, baik Inspektorat Tubaba mulai periksa aliran dana Bansos dari BPKAD ke PC-NU Tubaba, oleh Kejaksaan ataupun pihak Kepolisian,” terangnya.

Baca Juga :  Pemerintah Provinsi Lampung Revitalisasi Stadion Pahoman

Ditegaskannya juga bahwa, setelah proses pemeriksaan administrasi dilakukan di BPKAD, Inspektorat Tubaba berjanji akan menguraikan seluruh aliran dana yang diberikan kepada PC-NU Tubaba. (DP) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.