25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Paripurna Istimewa HUT Tubaba Ke-14 “Kolaborasi dan Sinergi Bersama Menuju Tubaba”

Newslampungterkini.com – Memperingati Hari Ulang Tahun Ke-14 Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung Tahun 2023, Pemerintah Daerah Tubaba menyelenggarakan rapat paripurna di gedung DPRD Tubaba, Senin, (3/4/2023)

Bertemakan “Kolaborasi dan Sinergi Bersama Menuju Tubaba”, Pj. Bupati Tubaba Dr. Zaidirina, S.E.,M.Si mengatakan perubahan Tubaba kini bergerak secara dinamis, menuju arah yang lebih baik dalam kehidupan masyarakat di Tubaba.

Menurut Zaidirina, dalam memandang kemajuan-kemajuan yang telah dicapai oleh daerah berslogan Ragem Sai Mangi Wawai (kebersamaan untuk keberhasilan), di usia Tubaba yang kini 14 tahun, tentunya harus tetap berlandaskan kejernihan hati dan pikiran, serta tetap mengedepankan sikap serta pandangan yang bijaksana dan proporsional.

“Sungguhpun dengan berbagai keterbatasan, namun Alhamdulillah berkat kolaborasi dan sinergi bersama, antara jajaran pemerintahan daerah, DPRD, dunia usaha serta para tokoh dan seluruh unsur masyarakat, Tubaba berhasil memperoleh berbagai prestasi yang sangat membanggakan di Tahun 2022,” kata Pj Bupati Tubaba dalam pidatonya, Senin (3/4/2023)

Lanjutnya, baik di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional, berbagai penghargaan telah diberikan yaitu Penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sebagai Kabupaten Layak Anak Kategori Pratama.

Penganugerahan Inovasi Mesin Pencacah dan Penepung Multiguna juara 1 Tingkat Nasional pada acara Teknologi Tepat Guna (TTG) XXIII Unggulan, Penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM oleh Menteri Hukum dan HAM pada Peringatan HAM se-Dunia ke-74.

Selanjutnya, Penghargaan Opini WTP 10 kali berturut-turut untuk LKPD oleh Menteri Keuangan, Penghargaan dalam bentuk sertifikat Eradikasi Frambusia atau bebas Frambusia Oleh Menteri Kesehatan, dan Penghargaan Sarana Implementasi Program Kartu Bertani Berjaya terlengkap se-Provinsi Lampung dari Gubernur Lampung.

“Prestasi maupun penghargaan ini tentu sejalan dengan peningkatan capaian keberhasilan pembangunan Tubaba, berdasarkan indikator kinerja makro yang didukung oleh seluruh perangkat daerah, yaitu Pertumbuhan perkenomian, program dan kegiatan penanggulangan kemiskinan, Indeks Pembangunan Manusia dan infrastruktur daerah,” kata Dr.Zaidirina.

Dijelaskan Pj Bupati Tubaba, program unggulan dalam peningkatan perekonomian yang sudah berjalan di tahun 2022, akan dilanjutkan di tahun selanjutnya terdiri dari Program mandiri pangan yang terdiri dari kolam Kebun Kandang dan Wisata (K3 W), Pasar Ternak terpadu dengan pusat data dan informasi ternak, bank pakan dan demplot budidaya, serta Pendukung E-KPB yang terintegrasi dengan Smart Village (tiyuh calak).

Dalam pelaksanaan Tugas Pengendalian Inflasi dijelaskan Dr.Zaidirina, telah melakukan identifikasi permasalahan, langkah-langkah yang dilakukanoleh TPID dan Satgas Pangan serta rekomendasi kebijakan dalam pengendalian inflasi daerah.

“Saya mengajak segenap warga masyarakat di daerah ini untuk memanjatkan rasa syukur atas berbagai kemajuan yang dicapai, secara khusus saya juga kembali menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, panitia pemekaran Tubaba, dan juga kepada segenap anggota masyarakat lainnya, yang dengan penuh ketulusan telah mencurahkan tenaga dan fikiran untuk kemajuan Tubaba. Jaga Kolaborasi dan Sinergi, Bersama kita Menuju Tubaba yang mandiri, maju, sejahtera dan berdaya saing,” pungkasnya.

Sementara itu pidato Gubernur Lampung yang di bacakan oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Drs. Intizam, mengatakan bahwa HUT Tubaba Ke-14 adalah momentum untuk terus berjuang dan berkarya mengukir sejarah membangun masyarakat Tubaba yang semakin berdaya saing dan sejahtera.

“Hari jadi Tubaba yang kita peringati sebagai bentuk ungkapan syukur atas dinamika perjalanan pembangunan sejak terbentuknya Kabupaten Tulang Bawang Barat. Oleh karenanya memperingati hari jadi Tubaba ini bukanlah hanya sekedar seremonial tetapi sebagai momentum bagi kita untuk mengenang lembaran sejarah 14 tahun Tubaba,” kata Intizam.

Lanjutnya, Tubaba terpampang beragam keberhasilan sekaligus terbentang sejumlah tantangan dan persoalan yang harus menjadi catatan dan perhatian seluruh komponen masyarakat di Tubaba.

“Melalui kesempatan yang baik ini saya juga ingin mengucapkan terima kasih dan apresiasi pada jajaran pemerintah daerah Tubaba atas kerjasama yang baik untuk mewujudkan pembangunan di provinsi Lampung. Saya berkomitmen untuk memberikan kemajuan segala bidang pembangunan di provinsi Lampung karena pada prinsipnya Pembangunan yang dilaksanakan saat ini dan yang akan datang diperuntukkan demi kesejahteraan masyarakat dari oleh dan untuk rakyat,” pungkasnya.

Selain Gubernur Lampung di wakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Drs.Intizam, Pj. Bupati Tubaba Dr. Zaidirina, SE.,M.Si. Ketua DPRD Ponco Nugroho, ST, Wakil ketua I Busroni, SH, dan Wakil ketua II DPRD Tubaba Joko Kuncoro, S.I.Kom, paripurna tersebut juga dihadiri ratusan tamu undangan.

Tampak hadir Dandim 0412/LU, Letkol Inf Andi Sultan, S.Pd.,M.H, Kapolres Tubaba, AKBP Ndaru Istimawan, S.Ik, Kajari Tubaba, Sri Hariyanto, SH.,M.H, Danlanud PM. Bunyamin Tulang Bawang, Letkol Pas Yoseph M. Purba, M.Avn.,Mgt.,M.M.S.,Pcsc, Kepala Kemenag Tubaba, H. Anton Sopari, M.Pd.I, Ketua MUI Tubaba, Drs. KH. Muhyidin Pardi, Sekda Tubaba Ir. Novriwan Jaya, SP dan para pejabat eselon dua, tokoh masyarakat lainnya.

Laporan : Dedi Priyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.