24 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Unila Gelar Penyerahan Mahasiswa KKN

Newslampungterkini.com – Sebagai bentuk dukungan terhadap program pemberdayaan masyarakat yang digagas Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Universitas Lampung (Unila) bekerja sama dengan empat perguruan tinggi lain di provinsi ini, yaitu UIN RIL, Itera, UBL, dan IIB Darmajaya, dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Siger Berjaya.

Program ini bertujuan untuk memberikan kontribusi positif bagi pembangunan desa-desa di Lampung, khususnya pada pembangunan perekonomian masyarakat.

Pada hari ini, Jumat, 23 Juni 2023, bertempat di Gedung Serbaguna Unila bersama perguruan tinggi mitra melaksanakan upacara penyerahan mahasiswa KKN kepada pemerintah daerah (Pemda). Acara ini dihadiri perwakilan pemda, perguruan tinggi mitra, dan mahasiswa KKN.

Baca Juga :  Ahmad Giri Akbar Resmi Jabat Ketua DPRD Lampung

Ketua Sentra KKN Unila yang juga Ketua Program KKN Siger Berjaya Provinsi Lampung Dr. Helvi Yanfika S.P., M.E.P., dalam sambutannya menyampaikan, mahasiswa Unila yang mengikuti program KKN berjumlah 939 orang.

Unila memiliki tiga program KKN yang tersebar di tiga provinsi dan lima kabupaten di Indonesia. Salah satunya adalah KKN Siger Berjaya yang melibatkan 777 mahasiswa dari delapan fakultas di Unila. Mereka akan ditempatkan di tiga kabupaten di Lampung. Rincinya, Kabupaten Lampung Tengah 447 mahasiswa, Tanggamus 112 mahasiswa, dan Pesawaran 112 mahasiswa.

Selain itu, Unila mengirim lima mahasiswa untuk mengikuti KKN Kebangsaan, tepatnya di Kabupaten Sambas dan Kabupaten Bangkayang, Kalimantan Barat. Kemudian 77 mahasiswa untuk mengikuti KKN Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dan 13 mahasiswa untuk KKN Bilateral di Bengkulu.

Baca Juga :  Rektor Unila Terima Audiensi Perwakilan Ikatan Keluarga Alumni Universitas Padjajaran

“Kami juga menerima sembilan mahasiswa dari Bengkulu yang akan mengikuti KKN Bilateral di Lampung,” ujar Dr. Helvi.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unila, Dr. Anna Gustina Zainal, S.Sos., M.Si., saat membuka acara mengharapkan, mahasiswa KKN dapat menunjukkan identitasnya sebagai mahasiswa dan menjaga nama baik perguruan tinggi.

“Saya berharap adik-adik mahasiswa semua dapat beradaptasi dengan lingkungan desa dan berinteraksi dengan masyarakat secara baik,” ujarnya.

Selain itu ia juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Ketua Sentra KKN dan seluruh panitia KKN Siger Berjaya atas terselenggaranya program ini dengan harapan dapat berjalan sesuai rencana dan memberikan manfaat yang maksimal bagi semua pihak terlibat.

Baca Juga :  DWP Universitas Jambi Studi Tiru ke DWP Unila

Turut hadir dalam acara tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kusnardi, mewakili Gubernur Lampung. Ia menyampaikan dukungan atas terselenggaranya program KKN Siger Berjaya.

Ia juga berpesan kepada seluruh mahasiswa yang mengikuti program ini untuk menjaga nama baik almamater, menghargai lingkungan sekitar, dan menjadikan kegiatan ini untuk sarana menambah ilmu.

Pelaksanaan KKN berlangsung selama 40 hari dan KKN Siger Berjaya yang diikuti 346 mahasiswa akan difokuskan di Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran.

(sn/hm/cf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.