25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Pj Bupati Tubaba Promosikan Program E-KPB Terintegrasi Smart Village Didepan Gubernur Lampung

Newslampungterkini.com  – Pj. Bupati Tulang Bawang Barat (Tubaba) Dr. Zaidirina, M.Si, menyambut kedatangan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, dalam rangka launching Implementasi Elektronik Kartu Petani Berjaya (e-KPB) terintegrasi dengan Smart Village di Kabupaten setempat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pasar Pulung Kencana, Selasa (26/7/2022). Turut dihadiri juga oleh para Pejabat Tinggi di lingkungan Provinsi Lampung dan Pemerintah Daerah, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kemenag, Polres, Kodim, Kejari, Camat, Kepala Tiyuh (Desa), hingga para masyarakat Petani di wilayah Tubaba.

Kunjungan Gubernur Lampung sekaligus melakukan peninjauan terhadap promosi Teknologi Tepat Guna (TTG) hasil karya masyarakat, produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), menyaksikan video profil Tubaba, melihat pertunjukan Tari Nenemo, menyerahkan bantuan Provinsi secara simbolis, menyaksikan video simulasi e – KPB terintegrasi dengan Smart Village, dan berdialog bersama masyarakat.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Dikatakan Pj. Bupati Zaidirina, bahwa pelaksanaan e-KPB terintegrasi dengan Smart Village ini berdasar Peraturan Gubernur Lampung Nomor 9 Tahun 2020 tentang Kartu Petani Berjaya.

“Jumlah petani Kabupaten Tubaba pada tahun 2022 yang sudah teregister sebagai anggota Kartu Petani Berjaya adalah sebanyak 26.139 NIK,” kata Zaidirina.

Menurut Pj Bupati Tubaba tersebut, dengan adanya kolaborasi antara program e-KPB dengan Smart Village, maka dilakukanlah verifikasi guna mendapatkan data Petani yang valid untuk kemudian dapat menerima berbagai manfaat, bantuan, dan kemudahan lainnya yang disediakan dari program tersebut.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Sementara itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, menyampaikan apresiasi terhadap Pj Bupati beserta Pejabat Tubaba lainnya yang telah menyelenggarakan dan mendukung penuh program e-KPB tersebut.

“Saya menginisiasi program KPB yang kini menjadi e-KPB dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan Petani menuju kesejahteraan melalui kemudahan perolehan sarana produksi pertanian, akses permodalan, pembinaan manajemen usaha, penanganan panen dan pasca panen, serta pemasaran hasil usaha pertanian,” kata Arinal.

Menurut Arinal, dalam pelaksanaannya, program KPB berbasis teknologi informasi juga memberikan jaminan sosial, seperti asuransi petani lansia dan asuransi usaha, serta beasiswa bagi anak petani anggota KPB yang berprestasi pada Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Bandar Lampung .

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

“Kartu Petani Berjaya adalah salah satu alat yang efektif dan efisien membantu petani baik perkebunan, pertanian, peternakan, dan perikanan. Bahkan dengan e-KPB masyarakat dapat lebih mudah meminjam KUR karena dijamin oleh Gubernur langsung, dengan catatan ada juga kepastian dari Kepala Desanya serta keterangan baik dari Polres,” ucapnya.

Lanjut Gubernur, program e-KPB ini harus diperjuangkan, apa potensi yang ada di Kabupaten Tubaba dikembangkan.

“Tahun depan saya harap tidak ada lagi rakyat kita yang tidak mengerti IT atau Teknologi Informasi, dan semua Petani dapat mengimplementasikan program e-KPB ini dengan baik dan benar,” pungkasnya.

Laporan : Dedi Priyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.