24 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Budidaya Maggot Program Kerja Unggulan Mahasiswa KKN Unila

Newslampungterkini.com – Mahasiswa KKN Universitas Lampung (Unila) mengadakan sosialisasi budidaya dan pemanfaatan maggot (larva black soldier fly) di Balai Desa Rajabasa Lama, Kecamatan Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur, Minggu, 13 Februari 2022.

Sosialisasi yang merupakan program kerja unggulan dari mahasiswa KKN Unila di desa setempat bertujuan untuk memotivasi masyarakat Desa Rajabasa Lama mengembangkan budidaya maggot sebagai pakan alternatif.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Sosialisasi budidaya dan pemanfaatan maggot (Larva BSF) dihadiri 50-an orang dan dibuka langsung Camat Labuhan Ratu Defri Irwansyah yang juga merupakan alumni Universitas Lampung. Selain itu sosialisasi dihadiri sekretaris Desa Rajabasa Lama dan Dosen Pembimbing Lapangan Kecamatan Labuhan Ratu Siti Khoiriyah.

“Saya ingin menggerakkan pola pikir dan inovasi mahasiswa KKN. Kegiatan ini akan menjadi program unggulan mahasiswa KKN Labuhan Ratu. Program ini sinkron dengan peternakan sehingga diharapkan Labuhan Ratu dapat menjadi sentra budidaya maggot,” ujar Defri Irwansyah.

Baca Juga :  DWP Universitas Jambi Studi Tiru ke DWP Unila

Tak hanya itu, sosialisasi diharapkan dapat membantu warga menambah pengetahuan tentang pakan alternatif dengan memanfaatkan limbah organik serta meningkatkan perekonomian desa dalam sektor perternakan, terutama ternak ayam dan ikan.

Baca Juga :  Rektor Unila Terima Audiensi Perwakilan Ikatan Keluarga Alumni Universitas Padjajaran

Maggot merupakan organisme pembusuk karena kebiasaannya mengonsumsi bahan-bahan organik. Maggot merupakan alternatif pakan yang memenuhi persyaratan sebagai sumber protein.

Larva BSF dapat hidup, tumbuh, dan berkembang biak pada media organik seperti kotoran sapi, babi, ayam, sampah, ,buah dan limbah organik lainnya. Larva BSF mampu mengurangi limbah hingga 58% dan menurunkan konsentrasi nitrogen di kandang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.