25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Mahasiswa KKN Unila Bantu Program Pamsimas Upayakan Air Bersih

Newslampungterkini.com – Banyak daerah di desa yang mengalami kekeringan saat musim kemarau hingga menyebabkan kurangnya ketersediaan air bersih.

Hal ini menjadi permasalahan di masyarakat yang perlu ditangani mengingat air bersih adalah sumber daya alam yang dibutuhkan untuk keberlangsungan hidup manusia.

Sebagai upaya menangani persoalan tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum (PU) menggalakkan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di desa, termasuk Desa Rajabasa Lama II, Kecamatan Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Dalam proses menyukseskan program tersebut, perangkat dan warga desa dibantu mahasiswa Universitas Lampung (Unila) yang tengah melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) periode I tahun 2022, membantu warga memasang pipa distribusi air.

Baca Juga :  Rektor Unila Terima Audiensi Perwakilan Ikatan Keluarga Alumni Universitas Padjajaran

Jumadi selaku Kepala Desa Rajabasa Lama mengemukakan, distribusi aliran air difungsikan bagi warga masyarakat yang kekurangan atau kesulitan air bersih, terutama di musim kemarau.

“Rata-rata semua masyarakat desa di sini masih mengunakan sumur galian yang berpotensi kering saat musim kemarau,” katanya, Minggu (13/02/2022).

Baca Juga :  DWP Universitas Jambi Studi Tiru ke DWP Unila

Kegiatan ini dilakukan di Dusun V Transpram Timur dan akan diberlakukan subsidi pemasangan bagi 50 kelompok keluarga yang dilakukan secara bertahap sambil menunggu dana alokasi khusus. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.