24 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Mahasiswa KKN Unila Sosialisasi Budidaya Maggot

Newslampungterkini.com – Mahasiswa KKN Universitas Lampung (Unila) mengadakan sosialisasi tentang pemeliharaan dan pembudidayaan maggot yang menyasar kelompok Gapoktan dan peternak.

Budidaya maggot dinilai dapat menjadi ide usaha bagi warga desa karena belum banyak yang membudidayakan, terutama di Labuhan Ratu, Desa Rajabasa Lama II.

Maggot atau larva lalat BSF yang dapat djadikan pangan ternak seperti sapi, babi, unggas, dan juga ikan memiliki protein tinggi bagi hewan sehingga tumbuh sehat dan gemuk. Harga maggot juga lebih murah dibanding sentrat.

Baca Juga :  Cawagub dr Jihan Nurlela Jadi Pembina Upacara Hari Santri Nasional 2024 di Jatiagung

Mifta Saifulloh, salah satu mahasiswa KKN Unila memaparkan, pemeliharaan maggot tidaklah sulit karena makanannya adalah limbah rumah tangga seperti makanan sisa yang sudah basi. Maggot juga dapat menguraikan limbah sehingga mampu mengurangi bau busuk limbah.

Baca Juga :  Rektor Unila Terima Audiensi Perwakilan Ikatan Keluarga Alumni Universitas Padjajaran

Sosialisasi tersebut juga didukung Camat Labuhan Ratu Defri Irwansyah dan Jumadi selaku Kepala Desa Rajabasa Lama II. Antusiasme masyarakat juga terlihat dari banyaknya pertanyaan saat sosialisasi berlangsung.

Baca Juga :  DWP Universitas Jambi Studi Tiru ke DWP Unila

“Hasilnya ada dua warga yang berminat kemudian kita adakan pendampingan dari pembuatan kandang hingga pemeliharaan sampai nanti menjadi maggot siap pakai,” ujar Mifta, Minggu, 13 Februari 2022.

Diharapkan budidaya maggot dapat menjadi rencana yang direalisasikan dalam jangka panjang meskipun masa pengabdian mahasiswa KKN Unila sudah selesai. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.