25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Bupati Umar Ahmad Panen Buah Melon Tubaba di Kecamatan Tumijajar

Newslampungterkini.com – Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, Ir.Umar Ahmad,SP panen buah Melon di Kecamatan Daya Murni Rk 2, Kecamatan Tumijajar, Kabupaten setempat. Senin (13/12/2021) pukul 9.30 Wib.

Bupati Tubaba berharap masyarakat petani se-Kabupaten Tubaba dapat ikut mengembangkan tanaman Melon.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Umar Ahmad. Ketua DPRD Tubaba Ponco Nugroho, Anggota DPRD Tubaba Nadirsyah, Anggota DPRD Tubaba Ansyori, Kepala Dinas Pertanian Ir.Samsul Komar, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Mansyur Yusuf.

Dalam kesempatan itu Bupati Umar Ahmad mengapresiasi Usaha kebun melon tersebut, menjadi contoh agar kedepannya bisa mengembangkan banyak lagi tanaman buah buah di Tubaba.

Dikatakan, Kepala Dinas Pertanian Ir.Syamsul Komar, selama ini petani sekitar telah dua kali panen tanaman Melon, namun baru kali ini hasilnya yang sangat memuaskan.

“Tanaman Melon ini milik warga binaan Dinas Pertanian. Dan ini baru pertama kali kita panen sebesar ini, per buahnya mencapai 2 Kg, dengan modal yang cukup sederhana,” Kata Syamsul Komar.

Melon tersebut kata dia, ada tiga jenis diantaranya. Golden Apollo, Alyssa, dan Alina. Dengan masa panen sekitar umur 60 – 65 hari.

“Modal nya relatif, tergantung penanganannya, rata-rata sekitar Rp10.000 – 8000 – 7000 per batang,” katanya.

Untuk perawatan tanamannya sangat standar, pertama penyiapan lahan, pembajakan lahan Dan tak kalah penting lagi menyiapkan pupuk kandang serta obat pengendalian hama. Berkaitan perawatan pupuknya, itu terus berjalan.

“Modal per batang bisa ditekan lagi sebenarnya, pasca hasil panen ini diharapkan petani bisa menyambut baik, apalagi melihat akses tol transportasi sudah bagus, sehingga untuk penjualan atau pengiriman sudah lancar,” pungkasnya.

Laporan : Dedi Priyono/Adv 

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.