25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Bupati Lampung Barat Gelar Halal Bihalal Secara Virtual

Newslampungterkini.com – Seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat melakukan Halal Bihalal pada perayaan Hari Raya Idul Firti 1442 Hijriyah Tahun 2021 secara virtual, Senin (17/5/2021).

Halal bihalal yang dilakukan secara virtual tersebut dipimpin langsung Bupati Lampung Barat (Lambar) Hi. Parosil Mabsus dan diikuti Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin, Ketua TP-PKK Partinia Parosil Mabsus, Ketua GOW Gurti Komarawati Mad Hasnurin, Sekretaris Daerah Akmal Abd Nasir, seluruh Staf Ahli, Assisten, serta Kepala Perangkat Daerah.

Kemudian turut mengikuti acara tersebut, para Camat, Kepala Puskesmas, Peratin dan Para Kepala Sekolah yang tersebar di 15 Kecamatan, 131 Pekon dan 5 Kelurahan yang ada di Lambar. Pada pelaksanaannya dilakukan di masingmasing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Lambar.

Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus mengatakan, halal bihalal pada perayaan hari raya idul fitri seperti itu rutin dilakukan setiap tahunnya, dan biasanya dilakukan pertemuan secara langsung, akan tetapi dalam dua tahun terakhir ini dilakukan secara virtual untuk menghindari serta memutus mata rantai dari penyebaran wabah yang berasal dari Wuhan, Cina tersebut.

Pada halal bihalal tersebut, masing-masing Perangkat Daerah mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga Pekon menyampaikan ucapan sambutan dibagi menjadi enam sesi.

Sesi pertama disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Akmal Abd. Nasir SH., di Aula Kagungan Setdakab Lambar mewakili seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Lingkungan Pemkab Lampung Barat.

Sesi kedua, mewakili Camat dan Lurah se-Lambar, disampaikan Camat Balik Bukit, Edi Jaya, dan Sesi ketiga mewakili Kepala Puskesmas se-Lambar disampaikan oleh Kepala Puskesmas Kecamatan Pajar Bulan, Milarni.

Kemudian Sesi keempat mewakili 131 Peratin yang ada di Lambar, disampaikan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Lambar, Juhairi Iswanto.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Sedangkan di Sesi kelima, mewakili para guru yang ada di Kabupaten Lambar, disampaikan oleh Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Kecamatan Air Hitam, Imam Syafi’i, dan sesi terakhir disampaikan oleh Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus dari Kediamannya di Kota Bandar Lampung.

“Pada kesempatan ini izinkan saya Hi. Parosil Mabsus beserta Istri dan Keluarga begitupun Bapak Drs. Hi. Mad Hasnurin berserta Istri dan keluarga mengucapkan Minalaidin Waalfaidzin mohon maaf lahir dan batin,” ungkap Bupati Lambar Parosil Mabsus yang akrab disapa Pak Cik tersebut.

Sebagai manusia biasa, lanjut Parosil, tentunya pihaknya ingin memberikan yang terbaik kepada masyarakatnya, memberikan sebuah ketulusan dan keikhlasan, akan tetapi dirinya sangat menyadari, tentu dalam prosesnya ada kealfaan, kekurangan dan juga ada kesalahan.

“Sehingga pada halal bihalal ini, mohon kiranya pada bapak ibu yang mengikuti secara virtual ini maupun yang belum bisa mengikuti, mari kita sucikan hati kita, mari kita saling memaafkan diantara kita dalam suasana yang fitri ini,” ucapnya.

Dengan digelarnya kegiatan tersebut, bupati  berharap dapat menjadi pemicu dalam memaksimalkan tujuan mewujudkan Lambar Hebat dan Sejahtera.

“Mari kita saling melupakan kesalahan kita, melupakan kealfaan kita, dan kinerja kita akan lebih baik serta hasilnya akan lebih maksimal lagi dalam muwujudkan Lampung Barat Hebat dan Sejahtera,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Parosil menitik beratkan kepada seluruh Peratin dan seluruh Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) serta kepada para Camat, agar berterimakasih kepada pemerintah pusat terkait larangan mudik yang diberlakukan. Sehingga dapat menekan angka penyebaran dari wabah covid-19.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

“Sekarang tentu kita berterimakasih dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat, terkait larangan mudik. Bisa kita bayangkan, kalau seandainya tidak ada larangan mudik, kasus terkonfirmasi positif covid-19 di daerah kita pasti terjadi peningkatan,” terangnya.

Selanjutnya, bupati juga mengapresiasi atas kinerja mulai dari jajaran TNI/Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Palang Merah Indonesia (PMI) sampai dengan petugas posko dan petugas kesehatan serta organisasi lainnya yang terlibat dalam penanganan dan pengamanan terhadap wabah covid-19.

“Saya mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh tim petugas posko, terkhusus kepada kepolisian yang bertugas di Kabupaten Lampung Barat, begitu juga dengan PMI, BPBD, para petugas kesehatan dan juga para organisasi-organisasi lainnya yang sudah terlibat dalam rangka mengikuti arahan dari pemerintah pusat terkait dengan pembangunan posko, melakukan penyekatan pemeriksaan masyarakat yang melakukan mudik atau melakukan perjalanan di wilayah Kabupaten Lampung Barat,” tuturnya.

Berdasarkan informasi yang didapat, Parosil mengatakan dengan diberlakukannya larangan mudik dari pemerintah pusat sejak tanggal 6-17 Mei, kasus terkonfirmasi covid-19 di Lampung Barat terjadi penurunan.

“Alhamdulillah di atas tanggal 6 hingga tanggal 17 hari ini, kasus covid-19 yang ada di Lampung Barat terjadi penurunan,” ungkapnya.

Tetapi menurutnya, ada beberapa pekon yang cukup mengkhawatirkan yang harus menjadi perhatian terkait dengan penyebaran covid-19, yaitu Pekon Sidodadi yang ada di Kecamatan Pagar Dewa dan juga Pekon Suka Pura yang ada di Kecamatan Sumber Jaya kemudian ada salah satu pekon yang ada di Kecamatan Balik Bukit.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Bupati juga meminta ketua satgas covid yang ada di tingkat kecamatan dan juga ketua Satgas covid yang ada di tingkat pekon, agar dapat berkoordinasi dengan seluruh jajaran kesehatan dan juga aparat penegak hukum yang dalam hal itu Kepolisian dan TNI untuk saling bahu-membahu, kerja keras dalam mengantisipasi lonjakan terjadinya terkonfirmasi positif covid-19.

Pada kesempatan tersebut, Parosil memberi arahan kepada seluruh Camat, Kepala Puskesmas dan kepada seluruh para Peratin untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Pertama tingkatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas, Kedua agar Peratin mengantisipasi warga arus balik yang dari luar Lampung melalui optimalisasi posko pekon, kemudian jika ada warga yang terkena gejala covid-19 agar melakukan isolasi mandiri dengan monitoring dari masing-masing posko covid19.

Ketiga selalu melihat dan menonton lokasi zona yang dikeluarkan oleh BPBD untuk masing-masing pekon, manakala ada terkonfirmasi positif covid-19 agar melakukan isolasi mandiri.

“Berikutnya agar Kepala Perangkat Daerah, manakala ada yang baru mudik dan ada tanda-tanda kearah covid-19 sekiranya istirahat dan melakukan kegiatankegiatan dari rumah saja,” Pungkasnya. Terakhir Ia berharap kepada pihaknya, agar dapat mengimplementasikan pelaksanaan kinerjanya dalam mewujudkan Lambar Hebat dan Sejahtera,” ucapnya.

“Hari ini kita diminta masyarakat kita, sebagai pemimpin mari kita dedikasikan diri, mari kita abdikan diri kita, implementasikan hasil dari pelaksanaan di bulan ramadhan, sebagaimana memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, memberikan program yang tepat sasaran, bagaimana mewujudkan yang menjadi arahan dari pemimpin, agar apa yang kita lakukan benar-benar bermanfaat, dalam menuju Lampung Barat Hebat Sejahtera dan juga Sehat,” tutup bupati Parosil.

(sns)

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.