25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Bupati Tubaba bersama Kadis Perkebunan dan Peternakan Provinsi Lampung Lakukan Program PKSP

Newslampungterkini.com – Bupati Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, Hi. Umar Ahmad, menghadiri acara penanaman perdana kelapa sawit program Peremajaan Kelapa Sawit Perkebunan (PKSP) di Tiyuh Mulya Kencana, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, pada Senin (10/8/2020).

Bupati Tubaba bersama Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Lampung, Edi Yanto, menggerakkan program PKSP di Tubaba yang mencapai 52 hektar lahan perkebunan.

Dikatakan Umar Ahmad, bahwa program PKSP tersebut sangat penting, menurutnya Kabupaten Tubaba menjadi salah satu anggota Kabupaten Lestari dari 57 kabupaten se-Indonesia. Bahkan, satu-satunya kabupaten yang luas perkebunan sawitnya kecil, yakni hanya ada 7.000 hektar, bahkan didominasi milik petani rakyat dan perusahaan.

Dijelaskan Umar, kelapa sawit merupakan komoditas yang produksinya menempati urutan keempat di Tubaba setelah karet, padi, dan singkong.

“Hari ini kita melakukan penanaman seremonial kelapa sawit, mudah-mudahan apa yang kita harapkan bersama terutama untuk kesejahteraan masyarakat bisa tercapai, dan mudah-mudahan ini bisa berjalan dengan baik,” ungkap Bupati Tubaba.

Dijelaskan Umar, Pemerintah Daerah Tubaba terus berupaya memacu produksi kelapa sawit di daerahnya. Diakui Bupati Tubaba itu daerahnya tengah menyiapkan SDM yang menguasai budidaya kelapa sawit, dengan mengirimkan 50 orang mahasiswa untuk menuntut ilmu di Akademi Kelapa Sawit di Bekasi.

“Pemerintah daerah sangat ini tengah konsen untuk pengembangan kelapa sawit, bukan hanya sekedar mengelola kebun, tetapi juga mencetak SDM nya untuk sektor perkembangan kebun sawit. Mereka perlu diberikan pengetahuan dan pendidikan yang mumpuni untuk pengelolaan kelapa sawit yang Produktif dan berkualitas,” ungkapnya.

Laporan : Dedi Priyono

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.