2 Juli 2024

News Lampung Terkini

Portal Berita Terkini

Inovasi Bus di Masa Pandemi Covid 19

Newslampungterkini.com – Perusahaan penyedia transportasi khususnya karoseri pembuat bus melakukan inovasi terbaru di masa pandemi Covid-19.

Beberapa perusahaan bus menawarkan sebuah produk pilihan berupa bus social distancing yang aman, dan mengutamakan protokol kesehatan.

Kemudian ada juga penambahan air purifier yang bisa memfilter udara dan ada juga lampu ultraviolet (UV) yang menurut penelitian bisa mengatasi virus.

Pemaparan sinar UV ini juga hanya dilakukan sebelum dan sesudah bus beroperasi, sehingga penumpang yang akan menaiki bus sudah bersih tanpa terganggu dari sinar yang dipancarkan lampu UV.

Baca Juga :  Pj Gubernur Lampung Ikuti Upacara Peringatan HUT Bhayangkara Ke-78

Penambahan lain yaitu adanya jendela geser yang bisa dibuka manual yang dibuat agar mempercepat sirkulasi udara saat bus dibersihkan dan juga tidak adanya bagasi di plafon kabin.

Ada Karoseri Tentrem asal Malang, Jawa Timur yang turut menghadirkan bus berbodi Avante H8 berkonsep sama dengan Laksana yang konfigurasi kursinya diatur menjadi 1-1-1.

Baca Juga :  4.032 Responden di Tubaba Favoritkan Bacalonkada TUBABA berikut

Yang membedakan dari buatan Laksana adalah jumlah kursinya yang lebih sedikit, hanya tersedia 22 kursi dengan fasilitas leg rest.

Bahan yang digunakan pada kursi bus ini dibuat dengan bahan mesh pada bagian atas dan fabric di bagian bawah.

Ubahan pada kabin hanya penambahan rel untuk kursi yang di tengah dan sekat di kursi paling depan bagian tengah, agar penumpang bisa berpegangan ke depan.

Baca Juga :  Walikota Bandar Lampung Ikuti Bhayangkara Run 2024

Sementara, Karoseri Trisakti membuat bus social distancing namun dibuat di atas sasis bus berukuran sedang.

Posisi bangku penumpang dapat disusun sesuai protokol kesehatan, yaitu dengan adanya jarak antar penumpang dan bisa lebih memberikan kenyamanan dan keamanan. (*)

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.