25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Way Kanan Canangkan Sebagai Kabupaten Literasi

Newslampungterkini.com, Waykanan – Pencanangan Kabupaten Way Kanan sebagai Kabupaten Literasi serta pengukuhan ketua dan pengurus Gerakan Literasi daerah dihadiri Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya SH MM didampingi  ketua TP-PKK Way Kanan Ibu Hj. Dessy Afriyanti Adipati di gedung serba guna Pemkab setempat, pada Selasa (07/01/2020).

Selain itu hadir Sekretaris Daerah Saipul Sos M.IP  bersama Ketua Dharmawanita Vorian Melita Saipul, Kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Ir. Ferynia, Forkopimda, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten Sekda, Kepala dan Unsur Satuan Kerja Perangkat Daerah, Camat, Tim Penggerak PPK Kecamatan, Kepala Sekolah, Kepala Kampung, dan Penggiat Literasi Se-Kabupaten Way Kanan.

Mengawali acara, Sekda Way Kanan yang mengatakan pencangan kabupaten Way Kanan sebagai kabupaten literaasi serta pengukuhan ketua dan pengurus gerakan literasi daerah adalah upaya pemerintah dalam memenuhi hak-hak masyarakat agar mendapatkan informasi, wawasan dan pengetahuan sehingga terwujudnya masyarakat yang informatif.

Pada acara tersebut ketua TP-PKK Kabupaten Way Kanan Hj. Dessy Afriyanti Adipati dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Kabupaten Way Kanan oleh Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Lampung Ir. Ferynia, serta dilantiknya Pengurus Gerakan Literasi Daerah (GLD) Way Kanan.

Dalam sambutan Bupati Way Kanan mengucapkan  selamat atas pelantikan ketua dan Pengurus Gerakan Literasi Daerah (GLD). Dirinya berharap kepengurusan yang dikukuhkan pada hari ini akan membawa kemajuan bagi Literasi Daerah.

“Budaya literasi dalam konteks ini bukan hanya masalah bagaimana suatu bangsa bebas dari buta aksara, melainkan juga yang lebih penting, bagaimana warga bangsa memiliki kecakapan hidup agar mampu bersaing dan bersanding dengan bangsa lain untuk menciptakan Kesejahteraan dunia,” ujar bupati.

Dikatakan bupati, sebagai bangsa yang besar, Indonesia khususnya Kabupaten Way Kanan harus mampu mengembangkan budaya literasi sebagai prasyarat kecakapan hidup abad ke-21 melalui pendidikan yang terintegrasi, mulai dari keluarga, sekolah, sampai dengan masyarakat.

Bupati juga berharap, dengan di canangkannya Kabupaten Way Kanan sebagai kabupaten literasi serta dikukuhkannya ketua dan pengurus gerakan literasi daerah dapat meningkatkan minat baca, wawasan dan pengetahuan sehingga mewujudkan masyarakat yang informatif  menuju Way Kanan maju dan berdaya saing. (red) 

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.