28 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Bupati Tubaba Ajak Masyarakat Hijaukan Lingkungan

Newlampungterkini.com TULANG BAWANG BARAT – Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juni pada setiap tahunnya diseluruh belahan dunia juga merupakan agenda tahunan yang dilakukan masyarakat dan pemerintah daerah guna menjaga dan melestarikan lingkungan hidup saat ini dan masa-masa yang akan datang.

Perayaan tersebut juga telah menjadi agenda rutin yang diselenggarakan Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung meski tidak bertepatan pada tanggal dan bulan yang telah ditentukan sedunia.

Menurut sejarah, Hari Lingkungan Hidup Sedunia diajukan oleh Jepang dan Senegal dalam Konferensi Stockholm, yang merupakan konferensi pertama PBB soal lingkungan hidup manusia pada 1972, Konferensi yang berlangsung di Stockholm, Swedia, pada 5 – 16 Juni 1972. Memutuskan bahwa 5 Juni setiap tahunnya sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Lingkungan Hidup merupakan Isu Internasional yang harus diperhatikan dan dilestarikan, untuk itu dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada tahun 2019, Pemerintah Daerah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) turut menggelar acara pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun 2019 di Komplek Islamic Center Tubaba, pada Rabu (24/7/2019).

Baca Juga :  Ribuan Peserta Ikuti Senam Sehat Bersama Eva-Deddy

Dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tubaba, Ir. Amrullah kepada media Newslampungterkini.com, bahwa Kegiatan yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Daerah Tubaba dalam perayaan Hari lingkungan hidup sedunia, menghadirkan anak-anak usia dini dengan memberikan edukasi bertemakan Biru Langit Ku, Hijau Bumiku.

“Kita mencoba memulai untuk membangun kesadaran dalam pengendalian lingkungan hidup sejak dini, sehingga pada perayaan tahun ini kita melibatkan anak-anak usia dini agar termotivasi untuk melakukan sesuatu yang baik dan bermanfaat bagi lingkungan, untuk itu alhamdulillah hari ini Bupati, Wakil Bupati dan para pejabat tinggi pratama diligkungan Pemda Tubaba turut bersama dalam kegiatan kita,” Kata Amrullah.

Baca Juga :  Hari Santri 2024, Pj Gubernur Lampung Lepas Jalan Sehat Sarungan

Lanjut Amrullah, pada acara Pekan Lingkungan yang di gelar Dinas Lingkungan Hidup Daerah Tubaba juga menggelar lomba acara mewarnai yang di ikuti beberapa Sekolah Taman Kanak-kanak (TK) yang ada diTubaba.

Sementara itu, dalam sambutan Bupati Tubaba H.Umar Ahmad, dan menyampaikan amanat menteri lingkungan hidup dan kehutanan Republik Indonesia, bahwa peringatan hari lingkungan hidup sedunia tahun 2019 ditandai dengan peringatan dari Word Health Organization (WHO) tentang salah satu ancaman terbesar terhadap kesehatan manusia yaitu Polusi Udara.

“Pada Setiap tahun tanpa kita sadari bahwa sebanyak 7 juta orang di dunia meninggal karena polusi udara, Tercatat 9 dari 10 orang terpapar pencemaran udara yang berasal dari kendara bermotor, industri pertanian dan pembakaran sampah, Sehingga tidak heran jika United Nation Environment mengangkat tema Kendalikan Polusi Udara (Beat Air Pollution) untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada tahun 2019 ini,” terang Umar Ahmad dalam pidatonya.

Baca Juga :  Mirza Dukung UMKM Lampung Naik Kelas

Bupati Tubaba itu juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung Program penanaman pohon seumur hidup, hal tersebut untuk menjaga kualitas udara, air Tanah serta ekosistem di Bumi khususnya di Kabupaten Tubaba.

“Pemerintah saat ini sedang melakukan beberbagai upaya untuk melestarikan lingkungan hidup, dan masih perlu terus di tingkatkan, dan kita juga harus terus menerus meneguhkan niat untuk menjaga lingkungan hidup dan melestarikan alam semesta yang ada disekitar kita, marilah kita giatkan lingkungan yang ramah dan menghijaukan lingkungan tempat tinggal kita agar sejuk, indah dan bebas polusi,” pungkasnya.

 

Laporan : Dedi Priyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.