27 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

FGD Misi 4 dan 6 RPJMD Provinsi Lampung di ITERA : Infrastruktur dan Pembangunan Daerah Menuju Lampung Berjaya

Newslampungterkini.com BANDAR LAMPUNG – Bappeda Provinsi Lampung bekerjasama dengan Institut Teknologi Sumatera (ITERA) menggelar Focus Group Discussion (FGD) Tematik Misi 4 dan 6  Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Lampung Tahun 2019-2024, pada Jumat (19/7/2019). FGD ini dibuka oleh Rektor ITERA Prof. Ofyar Z Tamin.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Taufik Hidayat mengatakan, bahwa acara hari ini merupakan wahana dalam menyempurnakan penjabaran dan pengkayaan substansi khususnya pada misi keempat dan misi keenam.

“Mudah mudahan kita semua yang hadir dalam FGD ini, dapat memberikan masukan terbaik, baik terkait visi dan misi, tujuan dan sasaran serta berbagai program yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Lampung,” Ujar Taufik Hidayat.

Baca Juga :  Pj Gubernur Hadiri Ramah Tamah dengan Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan Acara Syukuran Ketua DPRD Lampung Ahmad Giri Akbar

Selanjutnya disampaikan Kepala Bappeda Provinsi Lampung Herlina Warganegara, bahwa tujuan dari misi 4 yaitu untuk mengembangkan sarana prasarana dan jaringan perhubungan darat, laut, udara dan kereta api dalam rangka meningkatan keselamatan dan pelayanan pergerakan orang, barang, dan jasa.

“Meningkatkan jumlah terminal dan pelabuhan regional kewenangan Provinsi, menyediakan sumber daya air yang handal untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan pertanian, serta terwujudnya ketahanan dan kemandirian energi menuju Lampung Terang Berjaya,” Paparnya.

Baca Juga :  Pemerintah Provinsi Lampung Revitalisasi Stadion Pahoman

Kemudian, meningkatkan ketersediaan jaringan internet, meningkatnya akses masyarakat terhadap perumahan dan kawasan permukiman yang layak, sehat, nyaman dan terjangkau dengan didukung oleh prasarana, sarana dan utilitas umum (PSU).

Meningkatnya akses masyarakat terhadap sanitasi layak, berkurangnya luas kawasan kumuh. Juga berkurangnya rumah tidak layak huni.

“Sementara misi 6 yaitu meningkatnya Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) Provinsi Lampung untuk kualitas air, kualitas udara serta meningkatnya kualitas tutupan lahan. Kemudian, meningkatnya ketangguhan terhadap bencana,” jelas Herlina Warganegara dalam paparannya.

Baca Juga :  Pemerintah Provinsi Lampung Revitalisasi Stadion Pahoman

Menanggapi hal tersebut, Rektor ITERA Prof. Ofyar Z Tamin menyampaikan, bahwa program percepatan yang harus dilakukan yaitu percepatan pembangunan kawasan pantai barat untuk mengurangi disparitas wilayah dan pembangunan jalan penghubung lintas.

Kemudian percepatan pembangunan Trans Railway Sumatera, Penerapan konsep pembangunan atau pemeliharaan berbasis dana terbatas (Budget Constained), Pembangunan dan percepatan kebijakan pendukung integrasi antar moda, Percepatan pengembangan Kawasan Aglomerasi BALAMEKAPRINGTATA (Bandar Lampung, Metro, Kalianda/ Lampung Selatan, Pringsewu, dan Gedongtataan/Pesawaran), serta percepatan pembangunan sistem angkutan umum perkotaan terpadu kota aglomerasi BALAMEKAPRINGTATA.

 

(Bbg/Rls/Bappeda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.