27 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Tubaba akan Bangun Kereta Api Wisata, Bupati Temui Kementerian Perhubungan

Newlampungterkini.com TULANG BAWANG BARAT – Upaya mewujudkan Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, sebagai daerah tujuan wisata terus diperjuangkan Bupati H.Umar Ahmad di pemerintah pusat.

Bupati Tubaba yang didampingi Kepala Dinas PUPR Iwan Mursalin, Kepala Bappeda Novriwan Jaya dan Kepala Dinas Perhubungan Marwan Aziz, pada Jum’at (28/6/2019) mendatangi gedung Kementerian Perhubungan dan bertemu Dirjen Perkeretaapian Ir.Zulfikri.,MSc.,DEA dan Sekretaris Dirjen Perkeretaapian Zulmafendi SE, M.Sc di ruang Rapat Direktorat Jenderal Perkeretaapian.

Baca Juga :  Pj Gubernur Hadiri Ramah Tamah dengan Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan Acara Syukuran Ketua DPRD Lampung Ahmad Giri Akbar

Dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Tubaba Marwan Aziz, bahwa kedatangan Bupati dan rombongan dari kabupaten Tubaba dalamrangka berencana membangun jalur kereta Api Wisata di Kawasan Islamic Center Tubaba.

“Pak Bupati telah menyampaikan permohonan kepada Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perkeretaapian bahwa akan membangun jalur kereta api wisata dari komplek islamik center sampai daerah Kagungan Ratu yang melintasi eks-Irigasi Pengairan, dengan rute sepanjang 6 KM,” terang Marwan Aziz kepada Media Newslampungterkini.com melalui telepon selulernya, Jum’at (28/6/2019)

Baca Juga :  Pemerintah Provinsi Lampung Revitalisasi Stadion Pahoman

Menurut Marwan, keinginan yang disampaikan Pemerintah daerah Tubaba mendapatkan beberapa tanggapan dari pihak Direktur Jenderal Perkeretaapian.

“Rencana pembangunan yang telah disampaikan pak Bupati Umar Ahmad, mendapat saran agar dalam melakukan pembangunan jalur kereta api wisata berpedoman kepada Undang Undang No. 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian,” ungkapnya.

Lanjutnya, Dirjen Perkeretaapian juga menghimbau agar Pemda Tubaba mempersiapkan beberapa studi untuk dibahas rencana pembangun tersebut.

“Dirjen menyarankan agar dibuat Studi Kelayakan, Studi Penetapan Trase, Detail Engineering Design (DED). Apabila studi dan pendukungnya telah selesai, selanjutnya akan masuk tahapan pengadaan Rel beserta Komponennya yang dalam hal ini akan dilakukan skema pelimpahan aset hibah dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tubaba,” jelasnya.

Baca Juga :  Ratusan Peserta Ramaikan ‘Ikat Run Unila 2024’

Sementara itu, pembebasan lahan dan pembangunan konstruksi jalur Kereta Api, direncanakan akan dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Tubaba setelah menyelesaikan studi-studi dan pengadaan rel beserta komponennya.

 

Laporan : Dedi Priyono 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.