27 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Pengusaha New Zealand Akan Kembangkan Rumput Chicory di Tubaba

Newslampungterkini.com TULANG BAWANG BARAT – Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, menggandeng Pengusaha asal negara New Zealand atau negara selandia baru untuk pengembangan rumput makanan sapi di bumi Ragem Sai Mangi Wawai.

Hal tersebut berdasarkan surat keputusan menteri pertanian Nomor 2151/Kpts/PI.500/F/02/2019 Tentang pemberian izin memasukkan benih Chicory ke dalam wilayah negara Republik Indonesia khususnya di Kabupaten Tubaba Lampung.

Baca Juga :  Hari Santri 2024, Pj Gubernur Lampung Lepas Jalan Sehat Sarungan

Menurut Mr. Richard dan Mr. Brayan didampingi Dokter hewan Nanang mengatakan, bahwa Penebaran benih rumput chicory, merupakan rumput yang mengandung Nutrisi tinggi, selain itu mampu mendongkrak pengembangan ternak Sapi Brahman Cross di Tubaba.

“Tanah yang ada di kabupaten Tubaba ini memiliki kemiripan dengan tanah di New Zealand, maka kami datang kesini dengan maksud  bekerja sama dengan pemkab setempat untuk membudidayakan rumput chicory yang sangat bermanfaat untuk pakan ternak sapi dan pupuk pertanian.” Kata Nanang pada Senin (25/2/2019)

Baca Juga :  Ratusan Peserta Ramaikan ‘Ikat Run Unila 2024’

Lanjut Nanang, pihaknya sangat mengapresiasi atas sikap Bupati Umar Ahmad untuk menerima dan ingin membudidayakan tanaman rumput Chicory di Tubaba.

“Kami  berharap rumput Chicory yang akan ditanam di lokasi seluas 4 Ha ini mampu menghasilkan nilai yang sama seperti di negara kami,” Katanya.

Baca Juga :  Pj Gubernur Hadiri Ramah Tamah dengan Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan Acara Syukuran Ketua DPRD Lampung Ahmad Giri Akbar

Sementara itu, program pembibitan rumput Chicory tersebut, menurut Bupati Umar Ahmad, sedang dalam tahap uji coba.

“Semua biaya penanaman itu mutlak ditanggung oleh perusahaan, sementara untuk lahan 4 Ha itu masih memakai lahan milik Bangsa radin. Jika uji coba ini berhasil kita akan kembangkan secara massal,” Imbuhnya.

 

Laporan : Dedi Priyono 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.