27 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Polda Lampung Gelar Touring Milennial Road Safety Festival

Newslampungterkini.com LAMPUNG – Direktorat lalu lintas Polda Lampung mengadakan kegiatan Road Show/Touring Komunitas Roda Dua (R2) dan Roda Empat (R4) keliling kota Bandar Lampung. Minggu (20/1/2018).

Mengambil start dari Rumah Makan Begadang II menuju Taman hiburan rakyat di pesisir pantai Mutun.

Road Show/Touring ini berlangsung dipimpin oleh Karo Ops Polda Lampung Kombes Pol. Yosi Hariyoso dan dilepas, Dir Lantas Polda Lampung Kombes Pol. Kemas Ahmad Yamin SH. S.IK selaku Ketua Pelaksana

Kombes Pol Kemas Yamin kepada media menyebutkan, tujuan dan target dari terlaksananya kegiatan ini adalah untuk memberdayakan komunitas R2 dan R4 dalam mempublikasikan kepada seluruh lapisan masyarakat Lampung khususnya mensukseskan kegiatan Millennial Road Safety Festival.

“Selain itu juga memberdayakan generasi kaum millennial untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas guna tercapainya tujuan Road Safety Zero Accident,” Terangnya.

Baca Juga :  Ratusan Peserta Ramaikan ‘Ikat Run Unila 2024’

Acara Millenial Road Safety Festival sendiri sebentar lagi bakal bergulir pada (30/1/2019), namun Direktorat Lalulintas Polda Lampung terus melakukan sosialisasi kemasyarakat.

Salah satunya dengan menggelar road show, yakni bersama dengan ratusan orang dari club motor, dan komunitas motor antik hingga vespa melaksanakan touring dalam kota dari Tugu Adipura menuju Pantai Mutun.

Selain touring pamflet acara, dan petunjuk keselamatan berkendara berbentuk pamflet juga disebar ke komunitas motor dan ke warga.

Ratusan anggota Klub motor dari berbagai tipe, komunitas motor custom, hingga ladies Scooter Lampung (Vespa), serta para mitra ojek online berkendara bersama personil Polantas, sambil berkampanye tentang keselamatan berkendara, penggunaan pelindung yang sesuai, hingga mematuhi rambu lalulintas.

Karo Ops Polda Lampung Kombespol Yosi Hariyoso mengatakan, agenda roadshow tersebut semacam gladi resik hingga menuju hari H, dan juga mendorong generasi Milenial, yang kedepannya bakal menjadi pelopor keselamatan berkendara.

Baca Juga :  Pj Gubernur Hadiri Ramah Tamah dengan Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan Acara Syukuran Ketua DPRD Lampung Ahmad Giri Akbar

“Jadi di negara maju banyak meninggal misal karena bencana, atau perang, di Indonesia malah angka kecelakaan jadi penyumbang angka kematian yang tinggi, makanya harus ditekan,” ujarnya.

Selain itu rute road show touring dalam kota, ke Pantai Mutun juga sebagai bentuk trauma healing ke masyarakat, paska bencana Tsunami di Lampung Selatan, yang membuat wisata pantai lesu.

“Ini juga kita mau infokan kalau kondisi Lampung khusunya di Pesisir pantai, sudah aman, dan berwisata juga sudah tidak ada kendala di pantai,” katanya.

Berdasarkan data dari Direktorat Polda Lampung, pada ekspos akhir tahun 2018, angka kecelakaan (Januari November), 1.872 kasus, naik dari 2017 yakni 1.815 kasus. Angka meninggal dunia 664 kasus, naik dari 2017 Yakni 460 kasus.

Baca Juga :  Hari Santri 2024, Pj Gubernur Lampung Lepas Jalan Sehat Sarungan

Kemudian berdasarkan paparan dari Korlantas Mabes Polri angka kecelakan 93% disumbang oleh faktor manusia, 3,7% dari faktor jalan, dan sisanya dari faktor Kendaraan dan cuaca.

Diharapkan para kaum Milenial bukan saja hanya paham dan cinta keselamatan berkendara untuk dirinya sendiri, melainkan bakal jadi pelopor yang nantinya bakal ditiru dan diteruskan ke generasi selanjutnya.

“Kita tumbuh kembangkan minat berkendara yang aman kaum milenial, usia produktif dari 17-34 tahun,” ujar Kemas Ahmad Yamin.

Disisi lain, komunitas Ladies scooter Lampung juga mendukung adanya acara tersebut. Meski, para anggota mengendarai motor vespa yang sudah tua, namun kondisi kendaraan, hingga kelengkapan keamanan seperti helm, sarung tangan, dan lain-lain tetap jadi hal yang utama dalam berkendara.

 

Laporan : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.