28 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Tubaba Bangun Museum Bambu dan Pusat Pengembangan Bibit Bambu

Newslampungterkini.com TULANG BAWANG BARAT – Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, akan membangun Museum Bambu di lokasi Ekowisata Gunungsari, sekaligus mendukung program tanam bambu di Kecamatan Lambu Kibang Kabupaten Tubaba.

Rencana pembangunan tersebut akan direalisasikan tepat dipinggir embung setempat, sebagai pusat edukasi dan wisata masyarakat wilayah utara Tubaba.

“Museum ini dipersiapkan untuk pusat kerajinan dan pengembangan bibit bambu di kabupaten itu.” Kata Kabid Pengelolaan Pertamanan dan Penerangan Pemukiman, Restu, kepada media Newslampungterkini.com saat dijumpai diruang kerjanya pada Senin (14/1/2019) sekitar pukul 10.30 Wib.

Baca Juga :  Ribuan Peserta Ikuti Senam Sehat Bersama Eva-Deddy

Lanjut Restu, upaya mewujudkan program bupati tersebut, pemkab akan menggandeng langsung para arsitek ahli Bambu Indonesia yang telah mewujudkan sejumlah bangunan bambu dengan menggunakan  bahan baku 100 persen material bambu.

“Bangunan museum itu nanti seluruh bahannya dari bambu yang sudah diolah dan mempunyai kekuatan puluhan tahun,” Katanya.

Baca Juga :  Mirza Dukung UMKM Lampung Naik Kelas

Terkait dengan pengembangan tanaman bambu, pihak Tiyuh (Kampung) telah merencanakan menanam bambu disekitar embung di wilayah kecamatan Lambu Kibang.

“Nanti, pusat ekowisatanya ada di embung Gunungsari,” Jelasnya.

Berdasarkan wacana Bupati Tubaba, perlu diketahui selain membangun museum tersebut, pemkab setempat juga tahun ini akan membangun kantor PWI Tulang Bawang Barat dengan menggunakan desain arsitektur bermaterial bambu.

Baca Juga :  Hari Santri 2024, Pj Gubernur Lampung Lepas Jalan Sehat Sarungan

“Bangunan kantor dari bambu itu akan menjadi bangunan PWI Pertama di Indonesia yang menggunakan material 100 persen Bambu, Mudah-mudahan segera terealisasi” Kata Umar Ahmad beberapa waktu lalu usai meresmikan Kantor Kwarcab Pramuka Tubaba.

 

Laporan : Dedi Priyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.