23 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Pj Bupati Lampung Barat Hadiri Rapat Pengendalian Inflasi Nasional Secara Virtual

News Lampung Terkini

Newslampungterkini.com – Pj. Bupati Lampung Barat, Nukman beserta Jajaran menghadiri rapat pengendalian inflasi nasional yang dilakukan secara virtual di ruang rapat Pesagi Kantor Bupati Lampung Barat, pada Senin (15/1/2024).

Rapat pengendalian inflasi nasional dipimpin oleh Irjen Kemendagri Tomsi Tohir ini dibahas bersama oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Perdagangan, Bappenas, Bulog serta seluruh Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Baca Juga :  Cawagub dr Jihan Nurlela Jadi Pembina Upacara Hari Santri Nasional 2024 di Jatiagung

Sementara, jajaran Pemkab Lampung Barat yang hadir virtual di antaranya Pj. Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, Sekda, Assisten, Staf Ahli dan para Kepala perangkat daerah setempat.

Direktur Statistik Harga Badan Pusat Statistik Windhiarso Putranto mengungkapkan, berdasarkan data historis BPS tahun 2020-2023 selalu terjadi inflasi pada bulan Januari.

Baca Juga :  Ahmad Giri Akbar Resmi Jabat Ketua DPRD Lampung

Inflasi Januari selalu dominan disebabkan oleh inflasi komponen harga bergejolak, kecuali pada tahun 2022 komponen inti lebih dominan.

Komoditas yang beberapa kali signifikan menyumbang andil inflasi diantaranya cabai merah, cabai rawit, daging ayam ras, ikan segar, beras, bawang merah, dan bawang putih.

Selanjutnya, Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi menjelaskan bahwa tingkat inflasi nasional bulan Desember 2023 sebesar 2,61% (yoy) turun dari inflasi bulan November 2,86%. Inflasi bergejolak juga turun dari 7,59% menjadi 6,73% (yoy).

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Adapun komoditas yang memberikan kontribusi inflasi terbesar adalah beras, sebesar 0,53% (yoy). Namun bantuan pangan beras efektif menekan laju inflasi pangan dan kenaikan harga.

(sn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.