24 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Fenomena El Nino, Pemkot Bandar Lampung Suplai Air Bersih Ke Warga

Newslampungterkini.com – Fenomena El Nino dengan kemarau panjang membawa dampak kekeringan di wilayah Kota Bandar Lampung. Sejumlah wilayah yang tersebar di 20 Kecamatan mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih. Sabtu (4/11/2023).

Pemerintah Kota Bandar Lampung melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Bandar Lampung berupaya menyuplai air bersih di beberapa Desa yang paling terdampak kemarau panjang.

Kepala BPBD kota Bandarlampung, Ahmad Husna menyampaikan, hal ini sebagai upaya meringankan beban warga yang kesulitan mendapatkan air bersih.

“Sampai dengan hari ini sesuai perintah ibu Walikota Bandarlampung bahwa selama tiga bulan terakhir BPBD telah menyalurkan sejumlah 4.899.000 ribu liter air bersih di seluruh wilayah kota Bandarlampung yang terdampak kekeringan akibat El Nino,” ungkapnya.

Baca Juga :  Cawagub dr Jihan Nurlela Jadi Pembina Upacara Hari Santri Nasional 2024 di Jatiagung

Menurutnya, meskipun dua hari ini cuaca di kota Bandarlampung sudah memasuki musim penghujan, pihaknya tetap melakukan penyaluran air bersih ke sejumlah warga yang memang membutuhkan.

“Permintaan air bersih tetap kita salurkan untuk seluruh masyarakat terutama masyarakat yang berada di daerah pegunungan seperti di Way Gubak, Way Laga, Sukamaju, Sumber Agung dan Sumber Rejo di Kemiling,” paparnya.

Baca Juga :  Ahmad Giri Akbar Resmi Jabat Ketua DPRD Lampung

Dia menjelaskan, tiap wilayah mendapatkan suplai air bersih sebanyak 7 ribu liter air pertangki yang mana BPBD dibantu oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan PDAM.

“Setiap hari kita bagikan air bersih mulai start jam 8 pagi dan berakhir atau selesai pukul 11 malam. Ini air yang kita distribusikan itu memang untuk di konsumsi rumah tangga, karena mata airnya juga higienis dan bisa di konsumsi,” jelasnya.

Husna berharap pada saat penyaluran air bersih pamong dapat mendampingi warganya. ” Supaya terarah dan teratur penyaluran air bersihnya. Dalam satu hari kita menyalurkan air bersih ini di 25 titik,” katanya.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Dikatakannya, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan distribusi air bersih dari BPBD bisa menghubungi pamong setempat.

”Masyarakat silahkan menyampaikan ke pamong setempat, dan nanti akan disampaikan ke lurah dan lurah akan menyampaikan ke BPBD dan nanti akan kita jadwalkan, dan sesuai jadwal akan kita kirim mulai jam 8 pagi sampai jam 11 malam,” terangnya.

Dia menegaskan, meskipun dalam dua hari ini kota Bandarlampung sudah diguyur hujan, pihaknya akan tetap menyalurkan air bersih bagi warga yang memang membutuhkan.

(sn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.