24 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Bank Lampung Bentuk Tim Investigasi, Lacak Dugaan Skimming Rekening Nasabah

Newslampungterkini.com – Bank Lampung telah membentuk tim investigasi untuk melacak dan menangani secara serius adanya dugaan skimming beberapa rekening nasabah.

Humas Bank Lampung Edo Lazuardi menyampaikan, tim investigasi ini dibentuk setelah Bank Lampung menerima pengaduan dari nasabah melalui customer service dan call centre melalui transaksi transfer via ATM yang dirasa tidak dilakukan oleh nasabah.

“Terkait pengaduan itu, maka Bank Lampung telah membentuk tim investigasi nantinya hasil investigasi Tim akan disampaikan oleh Direksi,” jelas Edo. Senin (6/6/2022)

Baca Juga :  Pj Gubernur Samsudin Pimpin Rapat Umum Pemegang Saham Bank Lampung

Menurutnya, Skimming bank ini merupakan tindak kejahatan bank secara nasional dan bisa terjadi di bank apa saja. Tindakan pidana skimming ini juga bukan merupakan hal baru dalam dunia perbankan.

“Jadi pembobolan ATM menggunakan metode skimming bisa mengancam semua bank bukan hanya Bank Lampung Saja. Pembobolan skiming ini merupakan tindak kejahatan yang sudah umum terjadi dan bukan kejahatan baru,” kata Edo.

Oleh karena itu, Edo meminta bila terjadi perbedaan pencatatan transaksi akibat hal tersebut diminta kepada nasabah Bank Lampung untuk segera melaporkan ke kantor cabang pembantu Bank Lampung terdekat.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

“Bank Lampung menjamin penggantian kerugian bagi nasabah yang terbukti dirugikan akibat percobaan skimming dimaksud sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Edo.

Menurut Edo, kejahatan skimming adalah tindakan pencurian data kartu ATM seperti PIN dan nomor kartu.

Skimming dilakukan dengan memasangkan alat yang disebut skimmer pada lubang kartu di mesin ATM dan memasangkan kamera mini untuk meng-capture PIN.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

“Bank Lampung berkomitmen memastikan keamanan dan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi di Bank Lampung, dengan terus melakukan tindakan preventif dan intensif,” terang Edo.

Dia berharap nasabah dan masyarakat dapat bersikap tenang dan bijak. Kemudian tidak terbawa oleh isu yang beredar. Bila ada nasabah yang mengalami perbedaan pencatatan, diminta segera melapor.

(sn/ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.