25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Ketua Fraksi NasDem DPRD Lampung Sosialisasi Ideologi Pancasila di Mataram Baru

Newslampungterkini.com – Ketua Fraksi NasDem DPRD Provinsi Lampung, Garinca Reza Pahlevi menggelar Sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Kecamatan Mataram Baru, Kabupaten Lampung Timur, pada Sabtu (14/5/2022).

Sosialisasi ini menghadirkan Narasumber Fery Rudi Yansirona, Akademisi. Agus Putra Eka Jasutra, Anggota DPRD Kabupaten Lampung Timur Fraksi NasDem Dapil III, Kepala Desa Beserta perangkat Desa Mataram Baru, Para Tokoh dan Masyarakat.

Dalam pembukaan sambutannya, GRP sapaan akrab Garinca Reza Pahlevi menyampaikan salam halal bihalal.

“Berhubung masih nuansa Syawal, sengaja kita barengi dengan halal bihalal. Halal bihalal itu manfaatnya banyak, salah satunya kita bisa saling memaafkan. Kalau ada tetangga yang tidak rukun, kemudian bertemu disini, mbok ya saling memaafkan,” ujarnya.

Baca Juga :  Lampung Resmi Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Disampaikan Reza, Sosialisasi ini sebagai bentuk antisipasi kendornya pemahamam terhadap Pancasila dan menurunnya pemahaman wawasan kebangsaan.

“Hal ini menjadi keprihatinan bersama, oleh karenanya DPRD Provinsi Lampung melakukan sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, untuk mempertebal rasa cinta tanah air untuk NKRI,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pemerintah Provinsi Lampung Rehabilitasi Stadion Pahoman

Selanjutnya disampaikan narasumber pertama, Akademisi Fery Rudi Yansirona, bahwa saling meminta maaf dan memaafkan adalah akhlak yang mulia.

Menurut dia kerukunan merupakan cara agar masyarakat tak terpecah belah. “Kalau masyarakat bersatu, gak bakal tuh bisa diadu domba. Jadi masyarakat aman tanpa ada saling benci dan cibir,” ungkapnya.

Dikatakannya, butir-butir pancasila merupakan panduan terbaik dalam bernegara. “Setelah Ramadhan kalau bisa ya tetap saling mengingatkan untuk sabar. Jangan hanya pas Ramadhan saja. Karena emosi dan marah membuat kita tersulut dalam hal yang mudharat,” ungkapnya.

Baca Juga :  Lampung Resmi Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Sedangkan narasumber kedua, Agus Putra Eka Jasutra, Anggota DPRD Kabupaten Lampung Timur menyampaikan, fenomena di mana kelompok-kelompok tertentu ingin merusak ketentraman. Membanding-bandingkan negara dengan agama. Padahal agama dan negara bukanlah sesuatu yang bisa dibandingkan.

“Kalau sekiranya ada bapak atau ibu yang melihat tetangganya agak menyimpang, ya langsung diingatkan dan ditanyakan. Jangan enak enggak enak kalau urusan begini. Semua demi masyarakat Indonesia yang kuat dan berdaulat,” ujarnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.