25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Torbangun Asal Semarang Siap Penuhi Pasar Malaysia

Newslampungterkini.com – Torbangun yang memiliki nama latin Coleus amboinicus dan punya segudang manfaat untuk kesehatan.

Pemeriksa karantina tumbuhan, Sri Handayani melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap 10 kg torbangun senilai 5 juta rupiah untuk memastikannya bebas dari serangan organisme pengganggu tumbuhan karantina (OPTK) (17/5/21).

Baca Juga :  Pj Gubernur Samsudin Pimpin Rapat Umum Pemegang Saham Bank Lampung

Cisilia Triwidiyanti selaku Sub Koordinator Karantina Tumbuhan menjelaskan bahwa tanaman torbangun tersebar luas, sering digunakan sebagai bahan baku pengobatan dan suplemen makanan. Bahkan diminati para ibu untuk diolah menjadi sop sebagai pelancar produksi ASI.

Baca Juga :  Bank Lampung Sampaikan Laporan Hasil Penjaringan Calon Direktur Kepatuhan dsalam RUPS-LB

Sejak lama torbangun digunakan sebagai bahan jamu tradisional karena mengandung senyawa aktif yang berfungsi sebagai obat.

“Kebutuhan torbangun sangat besar di pasar lokal dan internasional sehingga perlu stok dan pasokan yang besar juga,” ungkap Parlin Robert Sitanggang selaku Kepala Karantina Pertanian Semarang.

Baca Juga :  Bank Lampung Sampaikan Laporan Hasil Penjaringan Calon Direktur Kepatuhan dsalam RUPS-LB

Setelah dinyatakan sehat dan aman dikonsumsi maka torbangun tersebut dikirim ke Negeri Jiran.

“Kami selalu mendukung akselerasi ekspor dengan penerbitan Phytosanitary Certificate supaya tembus ke negara tujuan,” pungkas Parlin.

(bkp/bbg)

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.