26 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Badan POM Lakukan Uji Mutu Vaksin Covid-19 yang Telah Tiba di Tanah Air

Newslampungterkini.com – Badan POM menyambut baik kehadiran tahap awal vaksin COVID-19 di tanah air. Tim Badan POM telah melakukan verifikasi dokumen saat kedatangan vaksin di Bandara Soekarno Hatta dan pemeriksaan kelayakan kondisi suhu penyimpanan selama perjalanan. Saat ini vaksin sudah disimpan di Bio Farma.

Badan POM telah melakukan pengambilan sampel untuk pengujian mutu di laboratorium Badan POM untuk penerbitan lot release.

Selanjutnya Badan POM akan melakukan evaluasi terhadap data uji klinik yang sedang dilaksanakan untuk membuktikan keamanan dan khasiat vaksin.

Baca Juga :  Pj Gubernur Hadiri Ramah Tamah dengan Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan Acara Syukuran Ketua DPRD Lampung Ahmad Giri Akbar

“Proses evaluasi yang dijalankan Badan POM sesuai dengan standar yang merujuk kepada standar Internasional seperti WHO, US FDA dan EMA,” ungkap Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito dalam konferensi pers daring “Tindak Lanjut Kedatangan Vaksin COVID-19: Kebijakan Lanjutan, Uji Mutu dan Kedisiplinan Protokol Kesehatan“ yang diselenggarakan oleh Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Senin (07/12/2020).

“Pelaksanaan evaluasi tersebut dilakukan oleh Badan POM bersama Komite Nasional Penilai Obat, Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan para pakar di bidang vaksin, untuk mendapatkan hasil keputusan persetujuan penggunaan vaksin dengan pertimbangan kemanfaatan yang jauh lebih besar dari risiko yang ditimbulkan,” lanjut Kepala Badan POM.

Baca Juga :  Pemerintah Provinsi Lampung Revitalisasi Stadion Pahoman

Selain Kepala Badan POM, hadir juga sebagai narasumber pada konferensi pers tersebut yaitu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencanan (BNPB), Doni Monardo, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negera (BUMN), Budi Gunadi Sadikin; dan Direktur Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), Lukmanul Hakim.

Baca Juga :  Lampung Resmi Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Setelah vaksin mulai digunakan dalam program vaksinasi COVID-19 pada waktu yang ditetapkan oleh Pemerintah, Badan POM sesuai dengan tugas dan fungsinya, akan tetap dan terus mengawal khasiat, keamanan dan mutu vaksin dalam peredaran.

Menutup keterangannya, Kepala Badan POM mengimbau masyarakat untuk tetap terus disiplin melaksanakan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak sambil menunggu vaksin dapat digunakan dan program vaksinasi dijalankan.

(bpom)

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.