25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Sahlan Syukur Sosialisasi Perda Rembug Desa

Newslampungterkini.com – Anggota Komisi II DPRD Provinsi Lampung Dapil Lampung Selatan, Sahlan Syukur SE Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosperda) Lampung nomor 1 tahun 2016 tentang Pedoman Rembug Desa Dan Kelurahan dalam Pencegahan Konflik di Provinsi Lampung. Minggu (9/8/2020)

Sosislisasi yang digelar di Desa Sidomulyo Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan ini tetap mengutamakan dan menerapkan protokol kesehatan yaitu jaga jarak dan memakai masker.

Dalam Sosperda tersebut meghadirkan dua Narasumber, yakni Anggota Komisi II DPR RI, Ir. H. Endro Siswantoro Yahman, M.Sc, dan Dra. Nur Prima Qurbani M.Si dari Dinas Pendidikan dan Budaya Provinsi Lampung.

Disampaikan Endro Siswantoro, kegiatan ini adalah bentuk kepedulian Pemerintah Daerah dan tanggung jawabnya dalam mensosialisasikan Peraturan Daerah yang telah dibuat oleh badan legislatif dan eksekutif sebagai acuan atau payung hukum masyarakat dalam Menyelesaikan permasalahan yang terjadi.

Sedangkan Nur Prima Qurban menyampaikan, melalui rembug desa ini akan dapat mengetahui masalah yang terjadi di desa dan bagaimana solusinya, termasuk melakukan evaluasi terhadap program yang sudah dijalankan.

Sementara itu, dalam paparannya Sahlan Syukur mengatakan, kegiatan Sosperda ini merupakan agenda rutin wakil rakyat yang harus di laksanakan meski di massa Pandemi Covid-19.

Menurutnya, tujuan dari Perda nomor 1 tahun 2016 adalah sebagai upaya meminimalisir terjadinya konflik antar kelompok dan golongan masyarakat dengan musyawarah.

Ditambahkan Politisi PDI-Perjuangan ini, selain masyarakat, Perda ini juga harus dipahami oleh perangkat desa dan kelurahan, masyarakat sebagai objek pencegahannya.

Didalam Perda Nomor 1 tahun 2016, mengatur seluruh tehnis dan cara penyelesaian sebuah problem yang terjadi.

“Dengan adanya Perda ini diharapkan seluruh aspirasi dan keinginan dari lapisan masyarakat dapat tersalurkan, komunikasi yang baik juga sangat penting agar konflik tidak terjadi dimasyarakat,” terangnya.

Selain itu, dirnya juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk patuh dan mengikuti protokol kesehatan Covid-19, sesuai anjuran pemerintah. (*)

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.