27 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Gunung Parang Salah Satu Destinasi Wisata Alam Purwakarta yang Wajib di Kunjungi

Newslampungterkini.com, Purwakarta – Tidak hanya dengan wisata heritage, budaya, atau kuliner, Purwakarta juga memiliki lokasi wisata dengan nuansa alam terbuka. (6/10/2019)

Salah satu destinasi lainnya adalah Gunung Parang yang berlokasi di Kampung Cihuni, Desa Sukamulya, Kecamatan Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Tempat ini berdekatan dengan Waduk Jatiluhur.

Gunung Parang merupakan gunung batu andesit yang mempunyai titik kulminasi 963 meter di atas permukaan laut.

Baca Juga :  Pemerintah Provinsi Lampung Revitalisasi Stadion Pahoman

Gunung Parang terdiri dari tiga puncak yang masing-masing memiliki perbedaan ketinggian. Medan vertikalnya seolah menantang para pemanjat untuk turut merasakan rock climbing.

Untuk merasakan sensasi di Gunung Parang, pengunjung cukup datang ke Kampung Badega, kampung itu mengakomodir kebutuhan para pemanjat tebing, sekaligus menjadi akses untuk memulai pemanjatan.

Baca Juga :  Pj Gubernur Hadiri Ramah Tamah dengan Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan Acara Syukuran Ketua DPRD Lampung Ahmad Giri Akbar

Kampung ini diresmikan pada 17 Desember 2013 oleh Dedi Mulyadi bupati Purwakarta. Nama Badega yang berarti penjaga.

Badega Parang yang berkonsep Sunda juga diharapkan mampu menaikkan kembali kebudayaan Sunda.

Karena ingin memperkenalkan konsep fun climbing untuk semua kalangan, kini Gunung Parang juga sudah dilengkapi dengan jalur via ferrata sebagai alternatif trekking dan climbing.

Jika takut panjat tebing, gunung parang pun menawarkan jalur pendakian yang terbilang menantang.

Baca Juga :  Pj Gubernur Hadiri Ramah Tamah dengan Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan Acara Syukuran Ketua DPRD Lampung Ahmad Giri Akbar

Meski tidak setinggi kebanyakan gunung di pulau jawa, namun tingkat kesulitan di pendakian Gunung Parang tidak bisa diremehkan.

Saat tiba di puncak Gurung Parang akan terlihat  pemandangan Waduk Jatiluhur, hamparan pegunungan, lampu-lampu kota, dan sawah yang menghijau.

(Bbg/Red)

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.