27 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Selain Bertani Warga Lampung Timur Ini Ahli Membuat Perahu

Newslampungterkini.com LAMPUNG TIMUR – Seorang petani di Lampung Timur memiliki keahlian membuat perahu, Adalah Emok (57) warga desa Karang Anyar kecamatan Labuhan Maringgai Lampung Timur diselang waktunya dia menerima pembuatan pesanan perahu bagi para nelayan.

Warga di sekitar pesisir pantai Laut Lampung Timur adalah nelayan dan petani. Emok warga desa Karang Anyar ini selain bertani disawah juga memiliki keahlian menukang, dan dirinya juga menerima pesanan pembuatan perahu dari kayu.

Baca Juga :  Ratusan Peserta Ramaikan ‘Ikat Run Unila 2024’

Dengan keahlianya itu Emok pun bisa mempekerjakan sekitar 5 warga untuk membantu pembuatan body kapal dengan upah perhari Rp 100.000.

Pada pengerjaannya, satu perahu biasa diselesaikan dalam waktu 1 hingga 1,5 bulan lamanya.

“Untuk satu body kapal bisa menghabiskan waktu 1 bulan, saya mematok harga Rp 25 juta. Itu hanya badan perahunya saja belum yang lainya. Bahan kayu kita yang menyediakan,” terangnya. (27/7/2019)

Baca Juga :  Pemerintah Provinsi Lampung Revitalisasi Stadion Pahoman

Di desa Karang Anyar sendiri saat ini terdapat sekitar 4 warga atau kelompok yang bekerja sebagai pembuat body kapal. “Itu alternatif lain untuk mencari tambahan penghasilan,” kata Emok.

Menurut Emok, dalam pengerjaan satu buah perahu dirinya bisa mendapat laba bersih Rp 5 juta. “Tidak semua orang bisa melakukan ini, nelayan daerah sini biasanya pesan body perahu dari kota Jambi. Dan disana harganya mahal sekitar Rp 70 juta,” Ungkap Emok.

Baca Juga :  Pj Gubernur Hadiri Ramah Tamah dengan Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan Acara Syukuran Ketua DPRD Lampung Ahmad Giri Akbar

Karena tak mempunyai modal, pekerjaan itu dia lakukan jika hanya ada nelayan yang pesan saja, dan mau memberikan DP terlebih dahulu untuk pembelian bahan kayunya.

“Karena untuk menjaga kualitas, bahan kayu harus dari kayu pilihan yakni jenis kayu Mentru, yang biasanya di pesan dari luar Lampung Timur,” Pungkasnya.

 

(Bbg/Kmf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.