27 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Bupati Tubaba Ajak ASN dan Masyarakat Amalkan Nilai-Nilai Pancasila

Newlampungterkini.com TULANG BAWANG BARAT – Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, menggelar upacara memperingati hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019 di lapangan Pemda setempat pada Sabtu (1/6/2019).

Upacara dipimpin langsung oleh Bupati Tubaba Umar Ahmad selaku Inspektur upacara dan dihadiri oleh para tamu undangan dan diikuti oleh peserta upacara dari seluruh aparatur sipil negara (ASN ), TNI, Polri di lingkungan Pemda Tubaba.

Pantauan media Newslampungterkini.com, Bupati Tubaba Umar Ahmad tampak didampingi Wakil Bupati Fauzi Hasan, Sekretaris Daerah Herwan Sahri, Wakil Ketua DPRD Tubaba Ponco Nugroho dan para pejabat tinggi pratama di lingkungan pemkab setempat.

Baca Juga :  Hari Santri 2024, Pj Gubernur Lampung Lepas Jalan Sehat Sarungan

Dikatakan Umar Ahmad dalam pidatonya, Pancasila mampu menyatukan keberagaman, sebagai satu bangsa dan hidup dalam negara kesatuan Republik Indonesia.

“Pancasila adalah Dasar Negara yang sudah terbukti menyatukan NKRI. Kita ketahui semua bahwa kondisi geografis negara Indonesia memposisikan wilayah kita sebagai negara kepulauan. Pancasila semakin memperkokoh konsep dan keyakinan akan tanah air Indonesia,” kata Umar Ahmad dalam Pidatonya.

Dilanjutkannya, keberagaman secara natural merupakan karakteristik negara Indonesia, Demikian pula secara antropologis dan sosiologis keberagaman ras, etnis, agama, kepercayaan dan budaya yang ada di Indonesia sudah ada sejak masa pra aksara hingga saat ini.

Baca Juga :  Pj Gubernur Hadiri Ramah Tamah dengan Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan Acara Syukuran Ketua DPRD Lampung Ahmad Giri Akbar

“Harus kita sadari bahwa negara Indonesia rakyatnya hidup dan bahagia dalam keberagaman. Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa, merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari tuhan yang maha esa untuk bangsa Indonesia,” terangnya

Umar Ahmad juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Tubaba, untuk terus mengamalkan nilai-nilai pancasila, yang saat ini terbukti menyatukan masyarakat Indonesia dalam satu kesatuan, kokoh berkat Pancasila.

“Saya mengajak seluruh masyarakat terutama generasi daerah Tubaba, untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Pancasila adalah suatu keyakinan dan pendirian yang wajib diperjuangkan dan dipertahankan. Keberagaman masyarakat akan menyatu dan kuat tatkala pancasila menyatu dalam jiwa kita,” jelasnya.

Baca Juga :  Ratusan Peserta Ramaikan ‘Ikat Run Unila 2024’

Berkat pancasila yang berkeadilan dengan nilai-nilai yang terkandung didalam setiap sila, akan terus memupuk jiwa untuk tetap toleransi dan gotong royong sehingga menjadi suatu berkah.

“Berkat pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhinneka Tunggal Ika,” pungkasnya.

 

Laporan : Dedi Priyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.