25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

SMP Muhammadiyah 01 Tumijajar Tubaba Ajak Orang Tua Berperan Mendidik Anak Dirumah

Newslampungterkini.com  TULANG BAWANG BARAT – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Provinsi Lampung, mendidik karakter Muridnya dengan indikator tiga dasar kompetensi, yakni kecerdasan intelektual, emosional dan kecerdasan spiritual.

Untuk mencapai tujuan tersebut, sekolah memfasilitasi para orang tua siswa kelas VII (tujuh) untuk belajar proses pengasuhan dan cara interaksi antara orang tua dan anak di rumah, dengan menggelar Seminar Parenting, dengan tema Peran Orang Tua Menuju Generasi Berkualitas pada Sabtu (28/7/2018).

Bertempat di SMP tersebut, puluhan wali murid hadir menjadi peserta. Acara di buka pada pukul 09.00 waktu setempat oleh kepala bidang pendidikan dasar Tubaba Jumadi, dan di hadiri oleh ketua Pimpinan Daerah Kabupaten Tubaba, Setiya serta seluruh Jajaran tenaga pengajar Muhammadiyah Tumijajar.

Kepala sekolah SMP Muhammadiyah 01 Tumijajar, Syamsul Hidayat, dalam sambutannya, menjelaskan, target yang akan di capai melalui Parenting adalah agar para orang tua siswa dapat berperan aktif mendampingi anak di lingkungan keluarga dan masyarakatnya saat tidak berada didalam pengawasan guru.

“Pendidikan bukan hanya tanggung jawab dari pihak sekolah namun juga tanggung jawab masyarakat dan orang tua, dalam hal ini SMP Muhammadiyah memfasilitasi seminar parenting yang diharapkan para orang tua mengetahui cara mendidik anak saat berada di luar sekolah, setelah acara ini harapan kami akan terjalin sinergi antara misi sekolah dan orang tua, dengan komunikasi yang baik untuk tumbuh berkembang nya anak anak kita,” ujarnya.

Sebagai kepala sekolah, Syamsul Hidayat, mengucapkan terima kasih kepada unsur dinas kabupaten Tulangbawang barat yang telah membina SMP satu Muhammadiyah Tumijajar selama Ini, terlebih kepada Pimpinan Muhammadiyah serta semua wali murid yang mempercayakan putra putri nya untuk belajar di sekolah ini.

Dijelaskan nya, SMP Muhammadiyah satu Tumijajar, memiliki visi dan misi menciptakan generasi yang cerdas dengan tiga kompetensi dasar yang harus di miliki yakni kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual.

“Kurikulum yang di desain dan terapkan memang mengarah ke sana. Untuk tujuan itu maka hari ini kami mengajak bapak ibu untuk bersinergi dengan para orang tua murid agar kedisiplinan saat di sekolah juga menjadi budaya bagi anak anak saat berada di rumah,” kata Syamsul Hidayat.

Seminar parenting tingkat SMP yang baru pertama di lakukan di kabupaten Tulangbawang barat ini mendapat apresiasi dari Kabid Dikdas setempat, mewakili pemerintah daerah setempat, Jumadi mengatakan.

“Saya kagum dengan kehadiran bapak ibu orang tua yang hadir langsung tanpa berwakil ke acara ini, ini berarti perhatian bapak ibu terhadap pendidikan sangat penting sehingga mengorbankan waktunya untuk bisa hadir disini demi masa depan putra putrinya,” ujarnya.

Sependapat dengan kepala sekolah, Jumadi menambahkan  bahwa Tanggung jawab pendidikan anak bukan hanya di bebankan kepada sekolah saja, namun juga orang tua, masyarakat dan Pemerintah.

“Di sekolah para guru wajib mengajar dan mendidik, dalam keluarga orang tua bertanggung jawab mengarahkan dan mendidik di lingkungan keluarga, dan kita sebagai masyarakat yang majemuk bertanggung jawab mengawasi anak anak kita agar terhindar dari pengaruh pergaulan yang negatif terlebih terhadap narkoba. Dengan seminar ini kita berharap semua akan mendapatkan ilmu untuk mendidik yang bersinergi dengan para guru dan orang tua.” Imbuhnya.

Acara seminar parenting berlangsung hingga pukul 11.30 Wib. dengan mendatangkan mentor parenting profesional dari kota Metro, pada kesempatan tersebut, pihak SMP Muhammadiyah Tumijajar satu juga memberikan santunan berupa uang pendidikan kepada murid yang tergolong tidak mampu serta yatim piatu. (DP) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.