25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Walikota Eva Dwiana Hadiri Sosialisasi Pencanangan Gerakan Bersama untuk Penyandang Disabilitas

Newslampungterkini.com – Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana menghadiri Sosialisasi Pencanangan Gerakan Bersama untuk Penyandang Disabilitas melalui Pendataan, Perekaman dan Penertiban Dokumen Kependudukan Guna Membangun Masyarakat Inklusif di Provinsi Lampung.

Sosialisasi yang digelar di Ballroom Hotel Bukit Randu oleh Pemerintah Provinsi Lampung tersebut dihadiri oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri RI, Kamis (14/4/2022).

Dalam sambutan, Assisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Lampung Qudrotul Ikhwan menyampaikan melalui program ini Pemerintah dapat memberikan ketekunan, kesabaran, kasih sayang dan empati kepada para penyandang disabilitas terkait dokumen kependudukan.

Ditambahkannya, isu penyandang disabilitas masih menjadi isu global karena kehadirannya masih dipandang sebelah mata dan hak-hak penyandang disabilitas sebagai manusia seringkali terabaikan dari hak hidup, hak memperoleh pelayanan pendidikan dan kesehatan serta hak mengakses fasilitas umum.

Qudrotul mengingatkan perlunya sinergitas pentahelix antara pemerintah pusat/provinsi, akademik, komunitas dan keahlian teknis dan manajerial pengelolaan issue disabilitas yang berbasis Hak Asasi Manusia (HAM).

Sementara itu, Direktur Jendral Dukcapil Kementerian Dalam Negeri RI Zudan Arif Fakrulloh meminta kepada semua Disdukcapil khususnya di wilayah Sumatera untuk melakukan jemput bola dalam menerbitkan administrasi kependudukan (Adminduk) disabilitas.

Zudan Arif menambahkan guna mendukung semua disabilitas mendapatkan dokumen kependudukan maka diperlukan kerjasama dan dukungan dari OPD terkait seperti Dinas Pendidikan, Dinas Sosial hingga komunitas penyandang disabilitas.

(sen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.