24 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Tingkatkan Kualitas Pembangunan, Bupati Lambar Laksanakan Musrenbang Tingkat Kabupaten

Newslampungterkini.com – Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus melakukan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Lampung Barat Tahun 2022 Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023, dengan tema Penguatan ekonomi, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan infrastruktur publik.

Musrenbang dibuka oleh Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi, diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Provinsi Lampung Saiful Darmawan, pada Kamis (24/03/2022).

Musrenbang yang berlangsung di Gedung Olah Raga (GOR) Aji Saka, Kawasan Sekuting Terpadu, Pekon Watas, Kecamatan Balikbukit itu dihadiri langsung oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Provinsi Lampung Saiful Darmawan, Kepala Pusat Kebijakan Pembiayaan Perubahan Iklim dan Multilateral Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Republik Indonesia Dr. Mahpud Sujai, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Pertanian Bogor (LPPM IPB) Dr. Ir. Ernan Rustiadi, M.Agr.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Kemudian, Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Mas Hasnurin, Sekretaris Daerah Lampung Barat Drs. Adi Utama, Assisten, Staf Ahli, Seluruh Kepala Perangkat Daerah Lampung Barat, Ketua DPRD Lampung Barat Edi Novial S.Kom., Kapolres Lampung Barat AKBP Hadi Saepul Rahman, S.Ik, Dandim 0422/LB Letkol Czi. Anthon Wibowo, Kepala Kejaksaan Negeri Lampung Barat dan Pesisir Barat Deddy Sutendy, SH., MH., Kepala Kementerian Agama Lampung Barat Maryan Hasan, S.Ag.,M.Pd.I.

Turut hadir juga, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Lampung Barat, Ketua Gabungan Organisasi Wanita Lampung Barat, Ketua Dharma Wanita Persatuan Lampung Barat, Camat se-Kabupaten Lampung Barat, Lurah dan Peratin se-Kabupaten Lampung Barat, Pimpinan BUMN, BUMD dan Pelaku Dunia Usaha.

Sementara untuk Anggota DPR RI Drs. Mukhlis Basri, Kepala Bappeda Provinsi Lampung, Pimpinan Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Universitas Lampung (UNILA), Politeknik Negeri Lampung (POLINELA), Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES), Universitas Islam Negeri Lampung (UIN) dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) MULTAZAM Liwa, Keluarga Besar Mahasiswa Lampung, Dewan kopi Indonesia, Kepala TNBBS itu turut menghadiri acara Musrenbang tersebut secara Virtual/Video Conferensi (Vicon).

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Dalam acara tersebut dilakukan juga Penandatanganan Naskah hibah daerah antara Bupati Lampung Barat dan KPU Lampung Barat.

Selain itu juga penyerahan CSR Bank Lampung kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Barat Berupa Mobil Perpustakaan Keliling Senilai Rp. 245.999.400.

Pada Musrenbang Tingkat Kabupaten ini didukung dengan berbagai macam pelayanan, mulai dari pelayanan Perizinan hingga pelayanan Adminstrasi Kependudukan (Adminduk).

Pelaksanan Musrenbang Kabupaten ini didukung pula dengan adanya pameran produk unggulan Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), Kelompok Wanita Tani (KWT), Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari 15 Kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Barat.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Parosil menjelaskan, bahwa dalam Pembangunan di Kabupaten Lampung Barat tahun 2023 mengusung tema penguatan ekonomi, peningkatan kualitas sumberdaya manusia dan infrastruktur publik, agar kiranya mampu diformulasikan menjadi prioritas pembangunan yang sejalan dengan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Lampung Barat, RKPD provinsi, dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) pemerintah pusat.

Jika memperhatikan tema pembangunan tahun 2023 dari Pemerintah Pusat hingga Kabupaten, difokuskan pada penguatan ekonomi, peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai kekuatan modal sosial (Social Capital) guna terlaksananya pembangunan yang berkelanjutan.

“Tentunya ini menjadi kewajiban kita bersama untuk mempersiapkannya, agar terbentuk SDM Lampung Barat yang memiliki integritas, produktif, berdaya saing, dan adaktif terhadap tuntutan global. mencetak generasi melenial yang mampu menjadi agen perubahan yang responsif bagi kemajuan di daerah dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Parosil.

(sns/kf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.