25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Satu Tahun Walikota Eva Dwiana, Fokus Hadapi Pandemi dan Pemulihan Ekonomi

Newslampungterkini.com – Pada tanggal 26 Februari 2022, Eva Dwiana – Deddy Amarullah, tepat setahun dilantik sebagai Walikota dan Wakil Walikota Bandarlampung periode 2021-2026.

Pelantikan pada 26 Februari 2021 lalu dilaksanakan di Balai Keratun Pemprov Lampung oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi berdasarkan SK Menteri Dalam Negeri Nomor: 131.18-252 Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pilkada 2020.

Dalam pertemuan bersama awak media, Walikota Eva Dwiana didampingi Kepala Bappeda Bandarlampung, Khaidarmansyah menyampaikan refleksi satu kepemimpinannya bersama Deddy Amarullah.

“Begitu dilantik menjadi Walikota dan Wakil Walikota, kami sudah dihadapkan dengan kondisi pandemi Covid-19. Kami tancap gas mengatasi merebaknya Covid-19,” ungkapnya di Graha Wangsa, pada Selasa (1/3/2022).

Untuk itu, lanjut Walikota, sebagai prioritas utama pencegahan dan penanggulangan pandemi Covid-19, dilakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi, baik dosis satu, dua, dan booster, sesuai target yang telah ditetapkan pemerintah pusat.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

“Dalam rangka pencegahan dan penanggulangan Covid-19 juga dibentuk Satgas Covid-19 tingkat kecamatan dan kelurahan, serta Kampung Tangguh Nusantara Polri yang tersebar di 20 kecamatan se-Bandarlampung,” ujar Walikota.

Kemudian prioritas kedua adalah penanggulangan banjir melalui normalisasi sungai dengan program unggulan, Gerebek Sungai.

Walikota Eva menyampaikan sepanjang 2021, total sungai yang sudah dinormalisasi sepanjang 10 KM, dengan melakukan kegiatan pembersihan sampah, dan pengerukan sedimentasi sungai serta pembangunan talud atau bronjong secara bertahap.

Untuk prioritas ketiga, yang menjadi sasaran utama adalah pemberdayaan UMKM. Selama satu tahun kepemimpinan Eva Dwiana-Deddy Amarullah, pemberdayaan UMKM dilakukan lewat pemberian bantuan pinjaman modal tanpa bunga bekerja sama dengan bank-bank BUMN.

Walikota menjelaskan, Pemkot membantu UMKM dalam bentuk subsidi bunga, bantuan alat produksi, bimbingan teknis dan pelatihan pengemasan dan kewirausahaan.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

“Kemudian penyediaan sarana pemasaran produk UMKM dimana salah satunya adalah sentra kuliner Taman UMKM Bung Karno,” jelas Walikota.

Selain pemberdayaan UMKM, untuk mendukung ekonomi masyarakat, juga dilakukan pengembangan pariwisata di Kota Bandarlampung dengan penyusunan dan penetapan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPD).

Selanjutnya kepala daerah perempuan pertama di Bandarlampung ini menyampaikan prioritas di bidang pendidikan yang telah dilaksanakan.

Di antaranya, pendidikan gratis, beasiswa, bantuan peralatan sekolah, Program Bina Lingkungan (Biling), pengembangan kualitas tenaga kependidikan, pembangunan dan peningkatan sarana prasarana pendidikan, bantuan bagi pesantren, serta beasiswa di perguruan tinggi.

Kemudian prioritas di bidang kesehatan telah dilaksanakan pembangunan sarana prasarana kesehatan termasuk renovasi puskesmas sesuai standar Kemenkes RI dan penambahan ruangan RSUD A Dadi Tjokrodipo.

“Pelayanan gratis di 13 rumah sakit rujukan dan 31 puskesmas se-Bandarlampung melalui Jamkesmas, pelayanan ambulans gratis, layanan kesehatan di posyandu dan poskeskel,” papar Walikota.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Kemudian prioritas di bidang infrastruktur, mantan anggota DPRD Provinsi Lampung ini mengatakan pemkot telah melaksanakan pembangunan dan peningkatan jalan dan jembatan.

Pembangunan jaringan perpipaan untuk SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum), sumur bor, IPAL komunal, pembangunan TPS3R (Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle) serta pembangunan gedung kantor dan fasilitas umum lainnya.

Sementara menyangkut prioritas pelayanan publik dan good governance atau pemerintahan yang baik, Walikota Eva mengajak ASN Kota Bandarlampung untuk mendukung program kerja dirinya bersama Deddy Amarullah.

“Keberhasilan di bidang ini ditandai dengan meningkatnya nilai Indeks Reformasi Birokrasi dan Indeks Kepuasan Konsumen,” ujarnya.

Selain itu, Kota Bandarlampung juga meraih penghargaan Predikat Kepatuhan Tinggi Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Tahun 2021.

(sen)

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.