25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Pendaftar Melebihi Batas Maksimal, 33 Balon Kepala Kampung di Tuba Ikuti Tes Seleksi Tambahan

Newslampungterkini.com – Sebanyak 33 orang peserta Bakal Calon (Balon) Kepala Kampung (Kakam) yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam) serentak di Kabupaten Tulang Bawang (Tuba) mengikuti tes seleksi tambahan secara tertulis yang selenggarakan oleh Pemkab Tuba bekerjasama dengan Universitas Lampung (Unila), Selasa, (22/02/2022).

Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan (Tapem) Sekretriat Kabupaten Tuba, Ivan Septianto mengatakan, ada 14 Kecamatan terdiri dari 48 Kampung yang akan mengikuti Pilkakam serentak dengan jumlah peserta 161 calon Kepala Kampung.

“Dikarenakan ada sejumlah 5 Kampung dari 4 Kecamatan, pendaftar Balon Kakam melebihi batas maksimal yakni 5 orang, maka hari ini sebanyak 33 peserta mengikuti tes seleksi tambahan secara tertulis yang diselenggarakan oleh Unila bertempat di gedung UPT Pengembangan Karir dan kewirausahaan Unila,” kata Ivan.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Adapun peserta tes tertulis seleksi Balon Kakam dari Kecamatan Gedung Meneng, Kampung Gedung Meneng 6 orang, Kecamatan Rawajitu Timur, Kampung Bumi Dipasena Makmur, 6 orang, Kecamatan Banjar Margo, Kampung Bujug Agung 9 orang, Kampung Catur Karya Buana Jaya 6 orang, dan Kecamatan Dente Teladas, Kampung Bratasena Adiwarna 6 orang.

Sementara itu Akhmad Suharyo, Ketua Panitia Pilkakam serentak Kabupaten Tulang Bawang tahun 2022 menyampaikan, sesuai dengan peraturan yang ada, bagi peserta balon Kakam yang lebih dari 5 orang di setiap kampungnya, maka harus diadakan seleksi tambahan secara tertulis untuk dilakukan penyaringan.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

“Tes tambahan tertulis bagi balon Kakam yang dilaksanakan hari ini, sudah sesuai regulasi yang ada, yakni batasan calon Kakam tidak boleh lebih dari 5 orang di setiap kampungnya,” terangnya.

“Dalam kegiatan ini Pemkab Tuba menggandeng  pihak ketiga yang Independen untuk menyelenggerakan tes seleksi, semua hal menyangkut materi tes, sistem, metode dan hasil seleksinya kami serahkan sepenuhnya kepada pihak Unila dan semua biaya penyelenggaraan tes seleksi hari ini dibebankan ke kas daerah Pemkab Tuba,” jelas Suharyo.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Suharyo menambahkan, nantinya kami akan menerima 5 orang rangking teratas dari hasil tes seleksi hari ini, kemudian akan menyampaikan nama-nama tersebut kepada pihak panitia Pilkakam masing-masing kampung untuk ditetapkan sebagai peserta calon Kakam pada Pilkakam yang akan di gelar secara serentak pada 17 Maret 2022 nanti.

“Apapun hasil dari tes seleksi tertulis hari ini, itulah yang terbaik dari sebuah usaha kita bersama dalam melakukan penyaringan balon kakam, kami berharap semua pihak dapat menerima dengan lapang dada, direncanakan setelah istirahat zuhur nanti hasil seleksi telah disampaikan kepada semua peserta,” pungkas Suharyo.

(nf/bg)

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.