24 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Walikota Bandar Lampung Hadiri Workshop Pendidikan Merdeka Belajar

Newslampungterkini.com – Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana menghadiri workshop pendidikan oleh Dirjen Pendidikan Paud, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah bersama Komisi X DPR – RI di Hotel Novotel Lampung, Senin (1/11/2021).

Workshop pendidikan ini mengusung tema, manajamen berbasis sekolah (MBS) sebagai wujud gotong royong serentak bergerak wujudkan merdeka belajar.

Dalam sambutan, Walikota Bandar Lampung mengucapkan terimakasih kepada anggota komisi X DPR – RI dan para pendidik di Kota Bandar Lampung atas dukungannya untuk memajukan pendidikan bagi anak anak didik di Kota Bandar Lampung.

Walikota Eva mengatakan, kebijakan Merdeka Belajar memberikan kemerdekaan bagi setiap unit pendidikan untuk berinovasi. Esensi Merdeka Belajar adalah menggali potensi guru-guru sekolah dan murid untuk berinovasi meningkatkan kualitas belajar secara mandiri.

Baca Juga :  Cawagub dr Jihan Nurlela Jadi Pembina Upacara Hari Santri Nasional 2024 di Jatiagung

“Konsep ini harus menyesuaikan kondisi proses belajar mengajar, baik sisi budaya lokal, sosial ekonomi maupun infrastruktur yang ada pada satuan pendidikan itu sendiri,” ujarnya.

Walikota juga mengapresiasi usulan anggota Komisi X DPR RI, M Kadafi, agar Pemerintah Kota Bandar Lampung untuk ikut menyelenggarakan Sekolah Penggerak Merdeka Belajar.

Eva Dwiana berjanji akan mensosialisasikan Sekolah Penggerak Merdeka Belajar di Bandar Lampung yang diharapkan menjadi acuan bagi kemajuan pendidikan di kota setempat.

“Terima kasih kepada usulan Mas Kadafi, bunda akan kumpulkan sekolah-sekolah negeri dan swasta bahwa guru dan sekolah Penggerak Merdeka Belajar adalah kemajuan pendidikan yang ada,” kata Walikota.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Sementara, Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Jumeri, mengatakan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dapat mendorong peningkatan kualitas pendidikan di Kota Bandar Lampung.

Menurutnya, mewujudkan hal itu di satuan pendidikan merupakan kewenangan pemerintah daerah yakni melalui Dinas Pendidikan dan Kabudayaan daerah setempat.

“Kewenangannya di pemerintah daerah jadi kepala sekolah itu aparaturnya ibu Walikota bukan aparat kami. Kami menyediakan NSPK (Norma Standar Prosedur Kerja) yang mengimplementasikan adalah daerah,” ujar dia.

Anggota Komisi X DPR RI M Kadafi berharap Kota Bandar Lampung memiliki Sekolah Penggerak Merdeka Belajar, menurutnya itu telah diusulkannya kepada Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kemendikbudristek.

Baca Juga :  Ahmad Giri Akbar Resmi Jabat Ketua DPRD Lampung

“Sekolah Penggerak itu nantinya diharapkan menjadi role model dan inovasi baru bagi pendidikan di Kota Bandar Lampung,” ujar Khadafi.

Hadir dalam acara ini, Anggota Komisi X DPR-RI Dr. H. M. Khadafi S.H., Dirjen Paud, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI Jumeri, S.Tp. M.Si, Direktur Sekolah, Dirjen Paud, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Dra. Sri Wahyuningsih M.Pd.

Selain itu hadir (Plt) Kepala Disdikbud Bandar Lampung Eka Afriana, para pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Bandar Lampung serta peserta workshop Pendidikan Se-Kota Bandar Lampung.

(sen)

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.