24 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Pengadaan Mobil PCR, Pemkot Jalin Kerja Sama dengan Indofarma

Newslampungterkini.com – Untuk mempercepat proses hasil pemeriksaan sampel tes usap (swab test), Pemerintah Kota Bandar Lampung menjalin kerja sama dengan PT Indofarma Tbk dalam pengadaan mobil PCR (polymerase chain reaction).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, Edwin Rusli mengatakan, mobil PCR ini dijadwalkan tiba di Kota Tapis Berseri paling lambat tiga pekan ke depan.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

“Kita berkerja sama dengan Indofarma untuk pengadaan mobil PCR ini, termasuk reagennya pun Pemkot akan kerja sama dengan mereka,” kata Edwin, Senin (22/2/2021).

Menurutnya, Mobil PCR merupakan kerja sama operasional dan akan disiagakan di rumah sakit milik Pemkot RSUD A Dadi Tjokrodipo dengan kapasitas pemeriksaan sampel mencapai 150 spesimen sehari dengan hasil tes sekitar 2 jam – 2,5 jam.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Dirinya berharap dengan hasil swab test yang cepat masyarakat tidak lama menunggu. “Kalau harus menunggu selama seminggu kadang mereka tidak merasakan positif, sehingga mereka masih berpergian dan itu dapat menularkan ke orang lain,” terang Edwin.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Bandar Lampung mendukung KSO pihak perusahaan dengan Dinas Kesehatan Bandar Lampung dalam pengadaan Mobil PCR.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Ketua IDI Cabang Bandar Lampung dr Aditya M Biomed mengatakan, pengadaan Mobil PCR akan membantu pemerintah dalam memutus rantai penularan Covid-19.

Hal itu sesuai instruksi Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, pemerintah memiliki tugas melakukan 3T yaitu Testing (pemeriksaan dini), Tracing (pelacakan), dan Treatment (perawatan).

(red)

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.