25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Bupati Tubaba Buka Festival Kampung-kampung Secara Daring di Kota Budaya Uluan Nughik

Newslampungterkini.com – Bupati Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, Umar Ahmad SP, membuka festival Tiyuh-Tiyuh (Kampung-kampung) secara Daring pada Sabtu (3/7/2021)  di Kota Budaya Uluan Nughik Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah.

Festival tersebut digelar mulai Sabtu 3 Juli hingga Minggu 25 Juli 2021 mendatang dan menyuguhkan seni dan budaya dari masing-masing tiyuh seperti pementasan seni pertunjukan, pameran kuliner, pameran pengetahuan tradisional, pameran kain tradisional, pameran fotografi tiyuh, fashion show kain nusantara dan schreening film tiyuh.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Dikatakan Umar Ahmad, festival tiyuh-tiyuh tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu jalan, dan membangkitkan nilai-nilai kebudayaan yang ada di Tubaba.

“Tubaba punya seratusan Tiyuh, ada sebelas Tiyuh yang keberadaannya sejak ribuan tahun yang lalu, Karta, Gunung Katun Tanjungan, Gunung Katun Malay, Gedung Ratu, Panaragan, Bandar Dewa, Menggala Mas, Penumangan, Pagar Dewa, Gunung Terang dan Gunung Agung. kemudian sisanya berdiri pada masa transmigrasi tahun 70an dan 80an,” kata Bupati Tubaba.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Menurutnya, banyak sekali produksi kebudayaan yang dimiliki oleh Tiyuh yang semestinya tetap ada dan memiliki relevansi dimasa saat ini.

“Walaupun festival ini belum menyentuh hal-hal mendasar, tentang pangan, tentang lingkungan dan lainnya, tetapi hal baru sudah mulia muncul dalam festival Tiyuh kali ini. Semua warga Tiyuh bersemangat untuk mengingat-ingat pengetahuan yang pernah dimiliki para leluhur dan masih relevan untuk dilakukan pada masa sekarang,” kata Umar Ahmad.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Ia berharap, festival tersebut dapat dilakukan secara berkelanjutan, dan menjadi salah satu icon festival yang bisa membuat masyarakat Tubaba, banyak kegiatan sekaligus memperkenalkan Tubaba kepada masyarakat luas.

“Sekali lagi mudah-mudahan festival ini bisa berjalan dengan baik selama beberapa hari kedepan, memberikan informasi yang sangat luas kepada khalayak tentang apa saja yang ada di Tubaba ini, khususnya di tiyuh-tiyuh. Selamat berfestival,” imbuhnya.

Laporan : Dedi Priyono/Adv

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.