25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Karantina Pertanian Lampung Gagalkan Penyelundupan Puluhan ekor Sanca

Newslampungterkini.com – Puluhan ekor Ular Sanca asal Medan-Sumatera Utara gagal diselundupkan ke Tangerang. Upaya penyelundupan ini digagalkan oleh Pejabat Karantina Pertanian Lampung bersama tim gabungan lainnya. yang terdiri dari

Aksi penyelundupan diketahui oleh tim gabungan yang terdiri dari Polres Lampung Selatan, KSKP Bakauheni dan BKSDA saat melakukan pengawasan rutin di Pelabuhan Bakauheni, Senin (14/06/2021) pukul 10.20 WIB.

Baca Juga :  Eksekusi Bangunan di Kelurahan Sukarame Baru Oleh Pengadilan Negeri Berlangsung Tegang

“Reptil dari jenis Sanca gendang tersebut berjumlah 20 ekor. Reptil ini hendak dikirim ke Tangerang menggunakan bus antar provinsi,” ujar Isaias, Dokter Hewan Karantina Wilayah Kerja (Wilker) Bakauheni, Senin (14/06/2021).

Ia juga mengatakan, berdasarkan keterangan dari sopir yang membawa, ular yang dikemas dalam keranjang buah ini merupakan titipan dari satu agen bus yang tidak jelas pemiliknya.

Baca Juga :  Polisi akan Uji Sample Jajanan Penyebab 12 Siswa Keracunan

“Selain tidak dilaporkan kepada Petugas Karantina di tempat pengeluaran, satwa tersebut tidak dilengkapi dengan dokumen yang dipersyaratkan,” ujar Ias.

“Satwa tersebut kami tahan, dan selanjutnya akan diserahterimakan ke BKSDA Bengkulu di Bandar Lampung,” jelas Ias.

Sementara itu Subkoordinator Substansi Karantina Hewan, Akhir Santoso mengatakan bahwa keberhasilan ini adalah hasil koordinasi yang baik antara Karantina Pertanian Lampung dengan instansi terkait pelabuhan.

Baca Juga :  Polisi akan Uji Sample Jajanan Penyebab 12 Siswa Keracunan

“Perlu diketahui bahwa pengirim tersebut telah melanggar Undang-undang Nomor 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan dengan ancaman pidana kurungan penjara maksimal 2 tahun dan denda maksimal Rp 2 miliar,” pungkas Akhir Santoso.

(bbg/kpl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.